KILAS

PGN dan PT Kilang Pertamina Internasional Kolaborasi Bangun Pipa Gas Senipah-Balikpapan

Kompas.com - 06/07/2022, 13:29 WIB

KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) selaku subholding gas Pertamina dan subholding refinery and petrochemical Pertamina, yakni PT Kilang Pertamina Internasional berkolaborasi dalam pengembangan proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan.

Sinergi antara PGN dan PT Kilang Pertamina Internasional dilakukan untuk menjamin supply atau permintaan gas ke PT Kilang Pertamina Balikpapan.

Adapun proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan itu ditandai dengan milestone dalam acara “First Welding” atau pengelasan pertama sambungan pipa di Stockyard, Jalan Pulau Balang Kilometer (KM) 13, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (6/7/2022).

Baca juga: PGN Kembangkan Infrastruktur Pipa untuk Optimalkan Pemanfaatan Gas Bumi Nasional

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh penting, di antaranya Direktur Teknologi & Infrastruktur PGN Achmad Muchtasyar, Direktur Utama (Dirut) PT Kilang Pertamina Balikpapan Feri Yani, dan Dewan Komisaris serta Direksi PT Pertamina Gas (Pertagas).

Dalam implementasinya, Pertagas selaku anak usaha subholding gas Pertamina berperan sebagai pelaksana pembangunan proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan dengan panjang 78 km dan diameter 20 inch.

Baca juga: Anak Usaha Krakatau Steel Suplai 35 Km Pipa Gas untuk Proyek Senipah- Balikpapan

Ruas pipa gas tersebut rencananya akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kebutuhan Kilang Pertamina Balikpapan. Pemanfaatan ini dilakukan melalui aliran gas dari lapangan di wilayah Senipah Kaltim dengan kapasitas maksimal 125 Million Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD).

Selaku perwakilan Direksi Subholding Gas Pertamina, Direktur Teknologi & Infrastruktur PGN Achmad Muchtasyar mengatakan, pembangunan Pipa Gas Senipah-Balikpapan merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan pengembangan Kilang Pertamina Balikpapan.

“Dengan terjaminnya supply energi, hal ini tentu akan berkontribusi kepada optimalisasi operasional kilang ke depannya," jelasnya dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Rabu.

Senada dengan Achmad Muchtasyar, Dirut PT Kilang Pertamina Balikpapan Feri Yani menyampaikan bahwa sinergi antaranak usaha Pertamina akan mendukung percepatan program pengembangan Kilang Pertamina Balikpapan.

"Kilang Pertamina Balikpapan merupakan salah satu proyek strategis nasional yang bertujuan meningkatkan kapasitas pengolahan dan produksi kilang,” imbuhnya.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Kilang Pertamina Internasional berkolaborasi dalam pengembangan proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan.
DOK. Humas PGN PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Kilang Pertamina Internasional berkolaborasi dalam pengembangan proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.