Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Kapasitas Produksi, Rohto Gelontorkan Dana 10 Juta Dollar AS untuk Perluasan Pabrik

Kompas.com - 06/07/2022, 14:04 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rohto Laboratories Indonesia menggelontorkan investasi sebesar 10 juta Dollar AS untuk melakukan perluasan pabrik. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi tetes mata dan lensa tanam katarak.

President Director PT Rohto Laboratories Indonesia Mukdaya Massidy mengatakan, investasi ini adalah yang ke-5 kali, setelah Rohto Group melakukan pembangunan pabrik pertama di tahun 2001.

"Perluasan pabrik ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas produksi produk tetes mata Rohto, sehingga menjadi lebih dari 30 juta botol per tahun, sehingga menjadikan kami sebagai produsen terbesar untuk kapasitas produksi tetes mata di Indonesia," ujar Mukdaya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: PGN dan PT Kilang Pertamina Internasional Kolaborasi Bangun Pipa Gas Senipah-Balikpapan

Selain itu, lanjut Mukdaya, line baru tetes mata ini juga telah menggunakan teknologi terbaru sistem RABS (Restricted Access Barrier System), sehingga intervensi menggunakan glove access pada proses automatic Cleaning and Sterilization in Place yang dikenal sebagai automatic CSIP.

"Sistem otomatis yang akan bekerja dari setelah mixing sampai dengan packing produk jadi. Ini semua menunjukkan komitmen Rohto Group dalam berinvestasi, alih teknologi, alih 'know how' di Indonesia, serta ketersediaan produk produk yang berkualitas di Indonesia, karena kesehatan mata sangatlah penting," kata dia.

Sebagai produsen alat kesehatan, yaitu lensa tanam Katarak (Intra Ocular Lens) dan Glaucoma Implant, Rohto juga memperluas kapasitas produksi untuk dengan menambah kapasitas sterile dan inspection agar dapat melayani konsumen di Indonesia.

Baca juga: Sri Mulyani: Ketahanan Pangan RI Aman, tapi Waspada Tekanan Inflasi Pangan

 

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, Lensa tanam Katarak (Intra Ocular Lens) dari Rohto telah mendapat sertifikasi ISO 13485/ CE Mark dan sertifikasi produk halal dari BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal).

"Produk lensa Intra Ocular Lens (IOL) kami satu-satunya yang merupakan produksi dalam negeri dan telah mendapatkan sertifikasi halal, sehingga akan memberikan nilai keamanan dan kenyaman bagi pasien yang menggunakan lensa tanam katarak Neo Eye Rohto," ungkapnya.

Baca juga: Vaksin Booster Jadi Syarat Masuk Mal, APPBI Dukung Asalkan Pandemi Cepat Berlalu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com