7 Perusahaan Bakal Ikut Produksi Minyakita Rp 14.000 Per Liter

Kompas.com - 06/07/2022, 14:09 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra mengatakan sudah ada 7 perusahaan lagi yang berkomitmen untuk ikut memproduksi Minyakita dengan harga Rp 14.000 per liter.

“Menyusul tagi pagi ada 7 perusahaan lagi yang akan mengemas minyak goreng kemasan rakyat (Minyakita) ini,” kata Syailendra di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Sebelumnya ada 2 produsen minyak yang berkomitmen memproduksi Minyakita yaitu PT Panca Nabati Prakarsa dan PT Best. Dengan tambahan 7 perusahaan, jumlah perusahaan yang akan memproduksi Minyakita jadi 9 perusahaan.

Baca juga: Kemendag Mulai Pasarkan 5.000 Liter Minyakita Rp 14.000 Per Liter Hari Ini

Syailendra mengatakan, nantinya produsen pengemas miyak goreng tersebut akan diberikan masa berlaku penggunaan merek selama 4 tahun dan dapat diperpanjang.

“Yang sudah tanda tangan ada 7 (produsen lagi). Mereka bisa menggunakan merek Minyakita, dan nanti diperpanjang,” jelas dia.

Syailendra menjelaskan, bagi produsen yang ingin ikut memproduksi Minyakita tidak diberikan kuota. Merek Miyakita juga dapat digunakan oleh produsen, dan masyarakat, dengan catatan memiliki izin edar dan izin BPOM.

“Enggak ada kuota-kuota, makin banyak makin bagus. Mudah-mudahan kebijakan dan percepatan ini bisa mempercepat untuk penyaluran distribusi minyak goreng ke wilayah timur dan terdistribusi dengan baik, tertutama di kawasan yang harganya masih tinggi,” kata dia.

Baca juga: Mendag Zulhas: Minyakita Sudah Ada Izin Edarnya, Siapa Saja Bisa Beli

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan pengusaha sepakat memproduksi Minyakita 3 juta ton per tahun, atau dengan kala lain sekitar 300.000 ton per bulan. Produsen juga bisa memilih, mau distribusi Minyakita atau minyak goreng curah.

“Sama seperti pembeli, bisa pakai PeduliLindungi atau KTP, yang mudah aja. Dengan adanya minyak goreng kemasan Minyakita, maka pengiriman atau distribusi akan lebih mudah. Terutama ekspedisi ke Indonesia bagian timur,” jelas Zulhas.

Baca juga: Ini Hadiah untuk Produsen Minyak Goreng yang Ikut Program Minyakita

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.