KAI Gandeng Operator KA Malaysia, Latih 92 Pekerja LRT Jabodebek

Kompas.com - 07/07/2022, 20:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan, menjelang LRT Jabodebek beroperasi, pihaknya berkolaborasi dengan operator kereta api di Malaysia yaitu Prasarana Berhad Malaysia.

Joni mengatakan, kolaborasi ini dilakukan untuk menyiapkan Awak Sarana Perkeretaapian Otomatis dan Pengendali Otomatis LRT Jabodebek.

"Prasarana Berhad Malaysia dipilih karena merupakan operator kereta api yang sudah berpengalaman dalam mengoperasikan Kereta Api secara otomatis yang menerapkan sistem Grade of Automation (GoA) 3 sejak tahun 1998," kata Didiek dalam keterangan tertulis, Kamis (7/7/2022).

Baca juga: Penumpang Kereta Meningkat Jelang Idul Adha, KAI Pastikan Prokes Diterapkan

Didiek mengatakan, pihaknya akan menyiapkan pengoperasian LRT Jabodebek sebaik mungkin, salah satunya melalui penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam mengoperasikan LRT dengan mengedepankan keselamatan.

Ia mengatakan, 92 pekerja akan mengikuti pelatihan teori di Bandung dilanjutkan praktik di Malaysia.

"Peserta akan mendapatkan materi mengenai fungsi dan cara pengoperasian sarana prasarana GoA3, sistem persinyalan GoA3, rule book dalam pengoperasian GoA3, penanganan saat kondisi darurat, penerapan Standard Operating Procedure, dan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Ungkap Kendala Proyek LRT Jabodebek, Dirut PT KAI: Desainnya Sudah Enggak Benar dari Awal...

Didiek menambahkan, proyek LRT Jabodebek merupakan kolaborasi antara pemerintah dan BUMN, yaitu KAI, Adhi Karya, Inka, dan Len.

KAI bersama seluruh stakeholder lainnya, lanjutnya, akan memastikan proses pembangunan dan pengoperasian LRT Jabodebek berjalan lancar dan tetap mengutamakan keselamatan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, penugasan Proyek Strategis Nasional kepada KAI dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Baca juga: Uji Coba LRT Jabodebek Diundur Jadi Desember 2022, Mulai Beroperasi 2023

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.