4 Kiat Sukses Melamar Kerja untuk Fresh Graduate

Kompas.com - 08/07/2022, 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak mudah memang, bagi yang baru lulus atau fresh graduate dalam mencari pekerjaan. Selain pengalaman yang minim, gaji yang ditawarkan pun rata-rata tidak besar.

Walau demikian, generasi mudah tetap harus mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Triaji Lahardi selaku Ketua Bidang Perkumpulan Praktisi dan Profesional Hubungan Industrial, mengajak para lulusan baru untuk untuk meng-eksplor banyak hal, demi terciptanya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan siap kerja.

“Para fresh graduate yang akan lulus dari sekolah dan kampus, nanti anda akan dihadapkan dengan ribuan kesempatan. Bisa bekerja, bisa membuka lapangan kerja, bisa juga mengeksplor banyak hal lainnya. Tapi juga akan dihadapkan dengan ribuan pesaing. Inilah kondisi yang kita hadapi bersama,” kata Triaji dalam keterangan tertulis, Jumat (8/7/2022).

Baca juga: Jangan Sampai Tertipu, Ini Syarat dan Cara Melamar Kerja di PT PLN (Persero)

Triaji mengatakan, untuk menaklukkan tantangan sebagai lulusan baru, ada empat langkah yang bisa dilakukan para generasi muda. Antara lain, mempersiapkan diri dalam proses wawancara. Kemudian, jangan asal – asalan dalam memilih perusahaan tempat bekerja, kuasai public speakin, dan belajar dari kegagalan.

Nah, untuk lebih rinci, simak emat langkah sukses mencari pekerjaan bagi fresh graduate:

1. Persiapkan diri secara matang dan sedini mungkin

Triaji mengatakan, dalam mencari pekerjaan para fresh graduate harus mempersiapkan diri. Termasuk, membuat lamaran kerja dan Curiculum Vitae (CV), mencari lowongan kerja, hingga proses wawancara.

“Proses tersebut bisa jadi melelahkan dan membuat panik untuk beberapa orang. Oleh karena itu, sebaiknya menyiapkan diri secara matang sejak jauh-jauh hari,” ujar Triaji.

Membuat CV juga perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari, karena CV yang baik perlu mencantumkan kualifikasi utama (key qualification), yang singkat namun membedakan lulusan baru tersebut dengan lulusan baru lainnya.

Misalnya lulusan akuntansi yang sudah menguasai atau memiliki sertifikasi terkait Pedoman Standar Akuntansi Keuangan, tentu berbeda dengan lulusan akuntansi yang belum menguasai kemampuan tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.