Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Uji Coba Beli Pertalite-Solar Pakai MyPertamina di Jakarta? Ini Kata Pertamina

Kompas.com - 08/07/2022, 16:01 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 11 wilayah di lima provinsi telah menjalani uji coba pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi menggunakan MyPertamina pada awal Juli 2022.

Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading Pertamina Irto Ginting mengatakan, setelah melakukan uji coba di 11 wilayah di lima provinsi, selanjutnya DKI Jakarta akan menyusul uji coba pembelian Pertalite dan Solar dengan aplikasi MyPertamina.

“Proses pendaftaran terbuka untuk daerah daerah sekitarmya, dan segera kita buka perluasan ke daerah lain. DKI Jakarta, segera,” kata Irto saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/7/2022).

Baca juga: Beli Solar dan Pertalite Pakai MyPertamina Ribet? Ingat, Bisa Daftar Tanpa Ponsel

Namun dia tidak menyebutkan kapan waktu pasti penerapan MyPertamina untuk membeli Pertalite-Solar tersebut.

Irto mengatakan, saat ini pihaknya masih dalam proses pendaftaran sosialisasi menggunakan aplikasi MyPertamina. Uji coba untuk penggunaan QR Code juga belum dilakukan, dan pembelian BBM masih dilakukan seperti biasa.

“Masih progres pendaftaran dan sosialisasi untuk roda 4. Selama proses pendaftaran ini, pembelian BBM Subsidi masih dilakukan seperti biasa, dan belum dilakukan uji coba penggunaan QR Code. Proses pendaftaran juga terbuka untuk daerah - daerah di sekitarmya,” jelas dia.

Irto menegaskan, Pertamina sangat memperhatikan terkait dengan keamanan data konsumen. Ia memastikan data konsumen di aplikasi MyPertamina akan aman.

"Kami telah menerapkan standar keamanan informasi dan bekerjasama dengan pihak-pihak yang mendukung pengamanan data. Pertamina berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menjaga keamanan data pendaftar," jelas Irto.

Baca juga: Cara Membedakan Aplikasi MyPertamina Asli dan Palsu

Sebagai informasi mulai 1 Juli 2022 masyarakat yang ingin membeli BBM bersubsidi seperti Pertalite dan Solar diharuskan melakukan pendaftaran di aplikasi MyPertamina. Hal ini sebagai upaya pemerintah dalam menyalurkan subsidi BBM secara merata dan tepat sasaran.

Adapun uji coba pembelian BBM bersubsidi saat ini dilakukan di 5 privinsi mencakup Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Lebih rincinya tersebar di Kota Bukit Tinggi, Kab. Agam, Kota Padang Panjang, Kab. Tanah Datar, Kota Banjarmasin, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kota Manado, Kota Yogyakarta, dan Kota Sukabumi.

Baca juga: Menimbang Keberadaan Aplikasi MyPertamina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com