Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Dunia Melonjak, Begini Cara Pertamina Jaga Pasokan BBM

Kompas.com - 08/07/2022, 20:01 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kenaikan harga minyak dunia mendorong kekhawatiran akan ketersediaan dan harga minyak di dalam negeri. Terkait hal itu, PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) lancar dan harga stabil.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan, untuk menjaga ketersediaan BBM pihaknya memantau secara real time melalui sistem digital. Pertamina juga membuat perencanaan yang akurat dengan menyeimbangkan antara aspek ketahanan energi nasional dan kondisi korporasi.

“Kenaikan harga minyak yang sangat tinggi mengakibatkan beberapa negara mengalami krisis energi, sehingga Pertamina sebagai BUMN energi membuat perencanaan yang akurat dengan menyeimbangkan antara aspek ketahanan energi nasional dan kondisi korporasi,” ujar Nicke dalam siaran pers, Jumat (8/7/2021).

Baca juga: Emiten Properti Lirik Peluang Bisnis di IKN Nusantara

Nicke juga mengatakan Pertamina tidak hanya menjaga pasokan secara nasional. Namun juga pasokan di tiap wilayah, termasuk SPBU yang memiliki beragam jenis produk. Hanya saja, pihaknya tidak menyamaratakan jumlah ketersediaan di seluruh daerah mengingat jumlah kebutuhannya yang juga berbeda.

“Ada daerah yang solarnya tinggi, ada yang Pertalitenya tinggi, ada juga Pertamaxnya yang tinggi. Ini kita coba lihat satu per satu dengan digitalisasi SPBU,” ungkap Nicke.

Di sisi lain, dengan adanya kenaikan harga harga minyak dan gas, ada tantangan yang berat di sektor hilir yakni harga keekonomian produk yang meningkat tajam. Nicke mengungkapkan, saat pemulihan ekonomi pasca pandemi, mobilitas masyarakat meningkat, sehingga tren penjualan BBM dan elpiji ikut naik.

“Bila tren ini terus berlanjut, maka diprediksi Pertalite dan Solar akan melebihi kuota yang ditetapkan Pemerintah. Oleh karena itu, Pemerintah melakukan revisi dari Perpres No.191 tahun 2014, khususnya kriteria kendaraan yang berhak menggunakan BBM subsidi,” ujar Nicke.

Baca juga: Kini Bisa Pesan Aqua Galon secara Online 24 Jam

Nicke menjamin Pertamina terus menjaga kuota BBM bersubsidi agar tidak melebihi kuota. Apalagi berdasarkan data Kementerian Keuangan, sebanyak 40 persen penduduk miskin dan rentan miskin hanya mengkonsumsi 20 persen BBM, tetapi 60 persen teratas mengkonsumsi 80 persen BBM Subsidi.

“Pertamina memastikan BBM Subsidi dipergunakan oleh segmen masyarakat yang berhak dan kendaraan yang sesuai ketentuan. Mulai 1 Juli 2022, Pertamina membuka pendaftaran kendaraan bagi yang berhak mengkonsumsi BBM Bersubsidi,” kata dia.

Baca juga: Ini Langkah BI untuk Jaga Stabilitas Nilai Tukar Rupiah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com