Harga Minyakita di E-Commerce Hampir 3 Kali Lipat dari yang Seharusnya, Kok Bisa?

Kompas.com - 09/07/2022, 17:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Awal pekan ini, pemerintah melalui Kementerian Perdangan meluncurkan produk minyak goreng kemasan, Minyakita seharga Rp 14.000 per liter. Namun demikian, pantauan Kompas.com, harga minyak yang dijual di e-commerce mengalami kenaikan berkali – kali lipat.

Di Tokopedia, jika menelusuri dengan keyword Minyakita, akan diarahkan pada halaman toko online yang menjual produk pemerintah tersebut seharga Rp 35.000 per liter. Namun, harga itu berbeda dengan deskripsi produknya, yakni Rp 35.000 untuk 2,5 liter Minyakita.

1 liter harganya Rp14.000. Berarti dengan Rp 35.000 agan akan mendapatkan 2,5 liter. Khusus seputaran daerah saya saja. Ini pesanan khusus buat promo toko hahahaha,” tulis deskripsi produk dari toko online yang berada di Kota Jambi itu, dikutip Kompas.com, Sabtu (9/7/2022).

Baca juga: Mendag Zulhas: Minyakita Sudah Ada Izin Edarnya, Siapa Saja Bisa Beli

Dalam laman tersebut, toko yang buka sejak Agustus 2017 memang sudah mendapatkan "notice" dari Tokopedia yang ditujukan untuk para pembeli. Tokopedia mengingatkan bahwa toko tersebut tengah dalam pemantauan terkait penjualan produknya.

“Barang sedang dalam pengawasan. Barang ini sedang tidak bisa dibeli untuk sementara waktu. Cari Barang Serupa,” tulis peringatan tersebut.

Baca juga: Cara Beli Minyakita Rp 14.000 Per Liter: Boleh Pakai KTP, Bisa Scan PeduliLindungi

Tokopedia tegas menindak toko nakal jual Minyakita

Terkait hal ini, Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia Hilmi Adrianto mengatakan, Tokopedia menindak tegas segala bentuk penyalahgunaan platform Tokopedia dan/atau pelanggaran hukum yang berlaku di Indonesia, termasuk penjualan produk yang melanggar ketentuan dan/atau dengan harga yang tidak wajar.

Hilmi mengatakan, Tokopedia juga akan mematuhi kebijakan pemerintah, termasuk yang terkait dengan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng dari Kementerian Perdagangan RI. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak internal, asosiasi dan berbagai pihak lainnya terkait penerapan kebijakan tersebut.

“Jika terdapat penjual yang terbukti melanggar, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku, Tokopedia berhak menindak tegas dengan melakukan pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, banned toko atau akun, serta tindakan lain sesuai prosedur,” ujar Hilmi kepada Kompas.com, Sabtu (9/7/2022).

Baca juga: Kemendag Mulai Pasarkan 5.000 Liter Minyakita Rp 14.000 Per Liter Hari Ini

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.