BI Datangkan Perancang Busana Nasional untuk Bantu Edukasi Penenun NTT

Kompas.com - 09/07/2022, 20:00 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), siap mendatangkan perancang busana nasional untuk membantu mengedukasi para penenun di wilayah NTT.

"Kita akan datangkan perancang nasional Wignyo Rahadi, untuk mengajari cara memilih benang dan menenun yang bagus," ujar Kepala Bank Indonesia Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja, saat membuka kegiatan kegiatan Pre Event Exotic Tenun Fest, di Kota Kupang, Sabtu (9/7/2022).

Hal itu dimaksud, agar tenunan yang dihasilkan memiliki kualitas bagus dan disukai pasar.

"Tentu juga bisa mendorong nilai jual dan diharapkan dapat bisa dipamerkan pada tanggal 12 Agustus nanti saat kegiatan Festival Exotic Tenun Fest," ujar dia.

Baca juga: Ada Insentif Bea Lelang Nol Persen untuk Produk UMKM dan Benda Sitaan

Menurut Nyoman, pihaknya membina para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di bidang tenun ikat khas NTT, bukan hanya dari sisi market saja, tetapi juga dari hulu hingga ke hilir.

Untuk sisi hulu lanjut Nyoman, perancang busana nasional akan mengajari cara menenun yang baik, membuat motif yang inovatif dan pengambilan warna yang bagus untuk benang, sehingga sesuai dengan kebutuhan atau diminati pasar.

Sedangkan untuk hilir, Nyoman menyebut, pihaknya mendorong melalui fashion show menggunakan tenunan asal NTT yang dibuat para penenun.

Baca juga: Dapat PMN Rp 6 Triliun, IFG akan Perkuat Penjaminan KUR UMKM

Untuk itu kata Nyoman, kegiatan even exotic tenun fest, bisa memamerkan semua produk tenunan dari berbagai etnis yang ada di NTT.

Exotic tenun fest ini, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Kota Kupang dan sejumlah kabupaten lainnya.

Dalam festival ini, ada banyak produk UMKM mulai dari tenun dan kriya dan lainnya. Diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Baca juga: Hadir di Pekalongan, Shopee Center Jadi Harapan UMKM Lokal Tingkatkan Pemasaran

UMUM didorong masuk sistem digital

Bank Indonesia lanjut dia, juga mendorong UMKM untuk masuk ke sistem digital, bukan hanya memasarkan tetapi juga menciptakan UMKM lain menjadi digital.

"Sampai saat ini, kita sudah kumpulkan UMKM untuk kurasi, dengan melibatkan dekranasda dan pelaku UMKM, sehingga saat kita pamerkan benar-benar berkualitas," ujar dia.

Nyoman berharap, saat pelaksanaan Festival Exotic Tenun Fest bisa berhasil dan para pelaku UKMK bisa mendapat keuntungan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.