Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Sukses Bangun Bisnis Startup

Kompas.com - 11/07/2022, 13:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun startup telah menjadi impian banyak pebisnis. Namun, tentunya awal membangun starup adalah hal yang tidak mudah, selain membuthkan modal, juga harus sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.

Managing Director OCBC NISP Ventura Darryl Ratulangi mengatakan, untuk membangun startup ada tiga tips yang bisa dilakukan. Antara lain, menetukan alasan membangun startup, menentukan ide bisnis, dan memahami kebutuhan pasar.

“Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, sebagai founder Anda harus memahami cara agar lebih siap memulai bisnis startup dan beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan,” kata Darryl dalam siaran pers, Minggu (10/7/2022).

Baca juga: Kembali Bekerja dari Kantor, Simak Tips agar Tetap Asyik

Adapun tiga langkah yang bisa dipersiapkan untuk membangun startup, yakni:

1. Menentukan ‘WHY’

Why dalam konteks ini mengacu kepada alasan Anda berminat meluncurkan bisnis tersebut. Alasan tersebut pada umumnya berupa kombinasi dari alasan pribadi, seperti memperoleh keuntungan besar dan tanggapan untuk masalah pasar. Nantinya, “why” ini akan menjadi dasar tujuan awal bisnis.

2. Menentukan ide bisnis

Setelah menentukan “why”, pengusaha harus menentukan ide bisnis yang ingin dilakukan. Caranya dengan menentukan problem-solution berdasarkan masalah atau kebutuhan di sekitarmu atau pada industri yang telah Anda telaah. Setelahnya, Anda dapat mencari solusi dengan memperhatikan peluang dan tren yang dapat dimanfaatkan menjadi ide dasar bisnis.

3. Memahami market dan model bisnis

Setelah memahaminya, Anda harus melakukan riset mengenai ketersediaan dan minat target pasar yang dituju. Jika target pasar tersedia dan memiliki minat yang sama dengan problem-solution yang diangkat, Anda dapat mulai menyusun produk yang ingin ditawarkan, baik dalam bentuk barang maupun jasa.

Baca juga: Erick Thohir Bagi Kunci Sukses Bangun Startup dari Nol

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com