Unggahan Viral Uang Rupiah Bergambar Presiden Jokowi, BI: Hoaks

Kompas.com - 12/07/2022, 08:46 WIB

BADUNG, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memastikan bahwa uang Rp 100 bergambar Presiden Joko Widodo yang beredar di media sosial ialah uang palsu.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, ketentuan yang diperbolehkan untuk penggunaan gambar manusia di uang rupiah ialah hanya untuk pahlawan yang sudah meninggal.

Dia menuturkan, pahlawan yang boleh dicetak gambarnya di uang rupiah haruslah yang memiliki rekam jejak yang bagus dan memiliki kredibilitas sebagai seorang pahlawan.

"Salah satu yang sebagai acuan, kalaupun mau pakai gambar orang itu, gambar pahlawan yang sudah meninggal beberapa waktu yang lalu," ujarnya kepada wartawan di Hotel Mulia Nusa Dua, Bali pada Selasa (12/6/2022).

Baca juga: WNI Belanja ke 4 Negara ASEAN Ini Tinggal Scan QR Code, Tak Perlu Tukar Uang

Oleh karenanya, lanjut Erwin, uang rupiah tidak mungkin dicetak menggunakan gambar tokoh yang masih hidup, seperti Presiden Joko Widodo.

"Jadi kan kita tidak tahu ya kalau misalkan, mohon maaf ya, kalau dia masih hidup terus kemudian tersangkut apa-apa, kemudian dia sudah disimpan sebagai gambar uang kan itu berisiko," ucapnya.

Jadi dapat dipastikan unggahan mengenai uang Rp 100 bergambar Presiden Jokowi yang viral di media sosial adalah uang palsu.

"Artinya kalau orang yang masih hidup sih tidak akan. Tapi hoaks kayak gitu banyak kok," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, sebuah unggahan yang menyebutkan adanya uang kertas baru bergambar Presiden Jokowi dengan nilai Rp 100 bertuliskan "Bank Indonesia" viral di media sosial TikTok.

Dalam video yang diunggah pada akhir Juni 2022 oleh akun TikTok @ins4nt4k_puny4 disebutkan bahwa uang kertas Rp 100 itu dikeluarkan oleh BNI.

Pengunggah menyebutkan, uang Rp 100 akan menggantikan uang kertas pecahan Rp 100.000 yang saat ini beredar.

Mata uang Terbaru Bergambar Presiden Jokowi Rencana akan dikeluarkan BNI Baru-Baru ini Pengganti uang pecahan Uang Seratus ribu rupiah,” tulisnya.

Baca juga: Ini Daftar Uang Rupiah Belum Dipotong yang Beredar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.