Pertamina Tegaskan Beli Elpiji 3 Kg Belum Pakai Aplikasi MyPertamina

Kompas.com - 12/07/2022, 11:30 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mengungkapkan, penerapan aplikasi MyPertamina untuk penjualan gas bersubsidi, atau elpiji ukuran 3 kg belum diterapkan.

Saat ini penggunaan aplikasi MyPertamina masih sebatas uji coba untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Solar dan Pertalite.

Seperti diketahui, penggunaan aplikasi MyPertamina adalah untuk menyalurkan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi secara merata.

“Penggunaan aplikasi belum diterapkan untuk elpiji 3 kg,” kata Irto Ginting, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, kepada Kompas.com, Selasa (12/7/2022).

Baca juga: Pertamina Yakin Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg Tidak Picu Migrasi ke Ukuran 3 Kg

Irto juga yakin, kenaikan harga elpiji 12 kg sebesar Rp 2.000 per kg mulai 10 Juli 2022 tak akan membuat konsumen segmen ini migrasi ke tabung elpiji 3 kg yang merupakan elpiji subsidi. 

Menurut dia, dengan segmentasi 6 persen pada pengguna gas 12 kg, kecil kemungkinan adanya perpindahan konsumen pengguna elpiji 12 kg ke 3 kg.


“Sejak kenaikan berkala, konsumsi elpiji nonsubsidi berada di sekitar 6 persen, artinya sudah ada segementasi yang jelas untuk konsumen elpiji nonsubsidi,” jelas Irto.

Irto juga menegaskan, segmentasi 6 persen tersebut menjamin jika ada migrasi pengguna ke ukuran 3 kg, jumlahnya tidak akan signifikan.

“Kalaupun ada yang migrasi tidak akan signifikan. Karena 6 persen itu sudah segmentasi elpiji nonsubsidi,” ujar Irto.

Baca juga: Tenang, Pertamina Pastikan Harga Pertalite, Solar, dan Elpiji 3 Kg Tidak Naik

Sebagai informasi, Pertamina melakukan penyesuaian harga untuk produk bahan bakar non subsisi, elpiji 12 kg sekitar Rp 2.000 per kg mulai Minggu (10/7/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.