Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Andi Supriyadi Rambah "E-commerce" hingga Jual Jeans Pekalongan ke Singapura

Kompas.com - 12/07/2022, 16:04 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pegiat UMKM lokal, meningkatkan kualitas pemasaran adalah kunci untuk menjaring lebih banyak pelanggan. Apalagi ketika UMKM masuk ke pasar online membuat produknya lebih banyak dikenal dan dibeli oleh siapa saja.

Hal inilah yang dirasakan oleh Andi Supriyadi (27), seorang pedagang jeans asal Kabupaten Pekalongan yang berhasil beradaptasi dengan dengan teknologi digital.

Pria asal Karangdadap, Kabupaten Pekalongan ini sebelumnya berdagang di salah satu sentra perdagangan besar di Jakarta. Penurunan omzet yang dialami Andi menjelang tahun 2018 membuatnya bermigrasi ke platform online.

“Tahun 2017 itu penjualan udah mulai sepi. Banyak yang bayar pakai giro, banyak banget dalam satu bulan bisa beberapa orang ambil barang dengan tempo 5 bulan. Waktu 2018, gironya sampai saya jual karena banyak orang yang terlambat atau bahkan enggak membayar,” ujar Andi dalam siaran pers Shopee, Selasa (12/7/2022).

Baca juga: Tips Memulai Investasi Emas dari CEO Hartadinata Abadi

Tak hanya itu, keadaan semakin bertambah parah saat pandemi Covid-19 yang membuat tempatnya berjualan harus ditutup karena pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Akhirnya Andi memutuskan untuk kembali pulang ke kampung halaman di Pekalongan dan berjualan di e-commerce Shopee dan memulai bisnis online-nya dengan nama Inndenim. 

Pemuda tersebut langsung tancap gas untuk bisa beradaptasi dengan sistem penjualan online. Andi langsung mencoba berbagai macam fitur seperti fitur diskon hingga promo gratis ongkos kirim. Alhasil, penjualan produk Inndenim di tahun pertama cukup melesat.

“Dulu awal-awal saya jualan online, penjualan cukup banyak karena belum banyak pesaing. Bahkan di tahun pertama itu, omzet saya di Shopee bisa mendekati omzet waktu saya jualan di toko," katanya.

Melalui e-commerce Shopee, penjualan produk jeans milik Inndenim tidak hanya di Indonesia, tetapi hingga Malaysia dan Singapura.

Meskipun begitu, persaingan dagang yang semakin ketat membuat Andi harus mencari metode terkini untuk pemasarannya, termasuk berjualan secara live streaming.

Baca juga: Berencana IPO, Mora Telematika Incar Dana Segar Rp 1,03 Triliun

Ia berusaha untuk menerapkan metode tersebut agar bisa berkomunikasi dua arah dengan para pelanggannya.

“Saya tertarik untuk coba-coba jualan live streaming, soalnya biar pelanggan bisa tahu kualitas produk saya dan pembeli bisa lihat apa model yang mana yang kira-kira pas untuk mereka,” kata Andi.

Andi pun berharap hadirnya Shopee Center Pekalongan dapat membantu dirinya sekaligus ribuan pelaku UMKM di Pekalongan untuk bisa meningkatkan kualitas pemasaran melalui teknologi digital.

Pada Rabu (6/7/2022), Shopee Center Pekalongan diresmikan sebagai jembatan bagi para pelaku UMKM mendapatkan pelatihan dan pembinaan untuk berwirausaha.

Hadirnya Shopee Center Pekalongan melengkapi keberadaan Kampus UMKM Shopee Semarang dan Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo yang sudah berdiri sebelumnya untuk membantu pelaku UMKM di Jawa Tengah naik kelas. 

"Selain saya berniat secara rutin untuk menggunakan fasilitas studio live streaming, harapannya sih saya dan teman-teman UMKM lain bisa belajar lebih banyak lagi soal pemasaran di internet, agar industri rumahan Pekalongan semakin berkembang ke depannya,” tutup Andi.

Baca juga: Saat Luhut Minta Grab Pindahkan Kantor Pusat ke Indonesia...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com