IMF Nilai Penerbitan Uang Digital oleh Bank Sentral Merugikan Masyarakat dan Perbankan

Kompas.com - 12/07/2022, 16:06 WIB

BADUNG, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) menilai penerbitan uang digital oleh bank sentral (CBDC) dapat merugikan sektor perbankan dan masyarakat.

Kepala Divisi Departemen Moneter dan Pasar Modal di Dana Moneter Internasional (IMF) Tommaso Mancini-Griffoli mengatakan, CBDC tidak ubahnya dengan uang elektronik yang telah dimiliki bank saat ini.

Pasalnya, CBDC maupun uang elektronik sama-sama tidak berikan imbal hasil atau bunga untuk masyarakat yang menyimpan uang dalam bentuk tersebut.

Baca juga: IMF: Uang Digital Bank Sentral Bisa Sebabkan Krisis Keuangan

Hal ini tentu tidak menguntungkan masyarakat karena selama ini ada deposito bank yang menawarkan bunga bagi nasabah yang menyimpan asetnya di deposito.

"Deposito bank komersial mungkin sama amannya, tetapi lebih banyak menawarkan imbalan yang lebih tinggi. Dalam hal ini, Anda mungkin memutuskan untuk menyimpan deposito bank komersial," ujarnya dalam acara Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (Fekdi) di Bali, Selasa (12/7/2022).

Selain itu, perbankan juga akan dirugikan karena saat CBDC terbit maka masyarakat cenderung akan memindahkan asetnya dari bank ke CBDC.

Pasalnya, saat ini animo masyarakat cukup tinggi untuk memiliki uang digital, padahal saat ini bank sentral seperti Bank Indonesia tidak menjamin keamanan uang digital tersebut.

Dengan adanya CBDC tentu bank sentral akan menjamin keamanan uang digital yang diterbitkan sehingga masyarakat akan berbondong-bondong menggunakannya.

Baca juga: Ternyata Indonesia Punya Saham di IMF, Berapa Persen?

"(Perbankan) mereka akan melihat neraca mereka menyusut, melihat deposito-deposito keluar dari bank-bank komersial," kata dia.

Oleh karenanya, dia menyarankan bank sentral di seluruh negara untuk mematangkan konsep CBDC yang akan diterbitkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.