KILAS

Harga Pangan Fluktuatif Setelah Idul Adha, Mentan SYL Janji Akan Intervensi

Kompas.com - 12/07/2022, 21:03 WIB

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, pemerintah telah melakukan intervensi optimal untuk menstabilkan harga pangan, khususnya cabai dan bawang usai perayaan Idul Adha 1443 Hijriah (H).

Meski demikian, pada hari pertama pasca-Idul Adha, harga cabai dan bawang mengalami sedikit kenaikan fluktuatif karena suplai dari daerah produksi berkurang. 

"Oleh karena itu, logistik dan sistem supply dan demand harus dikendalikan. Kami akan intervensinya dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan yang terpenting adalah Kementerian Perdagangan agar betul-betul mengatur sistem logistiknya," tegas SYL dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/7/2022).

Dia mengatakan itu saat melakukan inspeksi inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pabaeng-baeng, Kota Makassar, Senin (11/7/2022).

SYL menambahkan, pengaturan sistem logistik pangan tersebut sangat penting. Sebab, meskipun kondisi produksi melimpah, harga akan tetap naik jika logistiknya tidak lancar.

Dia menegaskan, Kementerian Pertanian (Kementan) berkomitmen menjamin produksi atau ketersediaan pangan dalam momentum apa pun.

Baca juga: Jokowi Apresiasi Pengembangan Benih Unggul Padi oleh Kementan

 "Oleh karena itu, ketersediaan stok pangan di pasar dan kelancaran distribusinya ini domainnya pemerintah daerah,” ungkapnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) saat melakukan inspeksi inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pabaeng-baeng, Kota Makassar, Senin (11/7/2022).
DOK. Humas Kementan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) saat melakukan inspeksi inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pabaeng-baeng, Kota Makassar, Senin (11/7/2022).

SYL mengatakan, pihaknya membantu intervensi untuk mengatur bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag) agar distribusi dari daerah produksi ke daerah suplai benar-benar terintervensi. 

Baca juga: Kementan Pastikan 1,8 Juta Hewan Kurban Aman untuk Penuhi Kebutuhan Idul Adha

"Intervensi ini untuk benar-benar menjamin neraca suatu komoditas pangan aman. Misalnya, neraca cabai di beberapa aman dan ada keterlambatan produksi karena musim dan cuaca. Namun, inilah dinamika di sektor pertanian," jelasnya. 

Adapun sidak di Pasar Pabaeng-baeng Kota Makassar dilakukan untuk mengetahui langsung dinamika stok dan harga pangan pasca-Idul Adha. Hasil sidak tersebut menunjukkan, ketersediaan dan harga pangan masih aman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.