Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi, Kapan Penerbangan Komersial Dibuka?

Kompas.com - 13/07/2022, 06:45 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah ditutup sementara pada 26 Januari 2022, Bandara Halim Perdanakusuma kembali beroperasi mulai Rabu, (13/7/2022).

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai melakukan uji coba landasan pacu (runway) hasil revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa, (12/7/2022).

Budi menjelaskan, Bandara Halim Perdanakusuma akan beroperasi secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan VIP.

"Dan September nanti (Bandara Halim Perdanakusuma) sudah bisa digunakan untuk komersial," kata Budi dalam keterangan tertulis, Selasa.

Baca juga: Menhub: Bandara Halim Kembali Layani Penerbangan Komersial September 2022

Menurut Budi, penggunaan runway secara terbatas bertujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan, jika ada kekurangan yang harus diperbaiki.

"Selain runway, kami juga membangun terminal untuk tamu VVIP. Pengoperasian secara komersial akan dilakukan berbarengan dengan selesainya bangunan terminal," ujarnya.

Budi mengatakan, progres pembangunan revitalisasi Bandara Halim hingga saat ini sudah mencapai 72,6 persen.

Untuk pekerjaan sisi udara diantaranya adalah landasan pacu, landasan hubung (taxiway), dan landasan parkir (Apron) ditargetkan selesai pada akhir bulan Juli 2022.

Sementara itu, untuk pekerjaan sisi darat diantaranya yaitu gedung terminal ditargetkannya rampung pada akhir Agustus 2022.

Baca juga: BUMN Konstruksi Ini Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan S1, Cek Syaratnya

Adapun sesuai Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2022, lingkup pekerjaan revitalisasi di antaranya yaitu, penyehatan landas pacu dan landas hubung, peningkatan kapasitas landas parkir pesawat udara Naratetama dan Naratama, renovasi gedung Naratetama dan Naratama, renovasi bangunan operasi, perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara, dan penataan fasilitas lain yang perlu disesuaikan akibat pekerjaan revitalisasi.

Terakhir, Budi mengapresiasi sejumlah pihak yang mendukung pengerjaan revitalisasi Bandara Halim yaitu Kemenhan, KemenPUPR, Angkasa Pura II, Panglima TNI, KASAU, kontraktor pembangunan, dan jajaran Kemenhub.

Baca juga: 5 Fakta Rupiah Digital, Tekan Risiko Kripto hingga Dikritik IMF

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com