Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tips Membuat Konten Digital untuk Para Santri ala Sandiaga Uno

Kompas.com - 13/07/2022, 13:00 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membagikan beberapa tips membuat konten digital kepada para santri di Pondok Pesantren Darul Hijrah di Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Kegiatan ini masuk dalam program pelatihan Santri Digitalprenuer 2022. 

"Kita memberikan pelatihan dan pendampingan, memastikan para santri mampu menghasilkan animasi dan juga podcast, ini bukan hanya sarana dakwah tapi juga sarana promosi produk UMKM yang dihasilkan pesantren," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/7/2022).

Baca juga: Presidensi G20, Sandiaga: Pak Menko Marves Berikan Hotel-hotel di Bali 2 Tingkat Lebih Baik dari Roma

Saat memberikan pelatihan, mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini ditanya salah satu santriwati bernama Devina (16) soal tips sukses menjadi podcaster dan mempunyai followers yang banyak.

Devina mengungkapkan kepada Sandiaga bahwa ia merupakan pemenang juara 1 lomba video dakwah ekonomi syariah se-provinsi Kalimantan Selatan.

Mendapat pertanyaan tersebut, Sandiaga Uno pun membagikan beberapa tips membuat konten digital yang menarik.

"Pertama jika kita ingin sukses, konten kita harus terdapat ilmu dan menginspirasi, lalu konten kita juga harus otentik, apa adanya bukan ada apanya, dan yang terakhir harus sesuai dengan sesuatu yang ingin didengar oleh masyarakat," kata dia.

Selain itu, Sandiaga juga berpesan untuk membuat konten yang baik dan tidak menyebarkan hal-hal negatif.

Baca juga: Sandiaga Uno: Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta Baru Wacana

"Untuk mendapatkan subscriber jangan pernah bicara negatif tentang orang lain, jangan juga konten kita merendahkan orang lain, itu tips agar konten kita punya banyak viewers," ungkapnya.

Usai mendengar jawaban Sandiaga, Devina menceritakan kondisinya yang mengalami kesulitan membayar daftar ulang sekolahnya.

Mendengar hal itu, Sandiaga menghampiri Devina usai acara pelatihan dan memberikan bantuan uang untuk melunasi biaya pendidikan Devina.

"Tadi kita sangat tersentuh, ada adik kita Devina yang bisa menembus terbaik lomba video dan akan menuju tingkat nasional. Sudah kami berikan bantuan mudah-mudahan pendidikan Devina lancar ke depannya," kata Sandiaga Uno.

Baca juga: Sandiaga Uno Optimistis Kunjungan Turis Asing Tembus 3,6 Juta Orang pada 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com