Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kapan Waktu Tepat Membeli Asuransi Kesehatan?

Kompas.com - 13/07/2022, 15:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, memiliki asuransi mungkin dianggap percuma, karena sudah merasa sehat dan tak butuh ke rumah sakit. Padahal, memiliki asuransi merupakan wujud cinta pada diri sendiri.

Asuransi kesehatan penting dimiliki agar terlindung dari risiko finansial akibat hal yang tak terduga seperti sakit, kecelakaan, hingga meninggal dunia.

Usia produktif adalah saat yang tepat untuk memiliki asuransi. Karena pada saat inilah, kita akan menentukan segala pilihan hidup yang akan dituai nanti.

Dion Rafael, Certified Financial Planner, dalam siniar CUAN, Cari Untung Bareng Teman, mengupas kapan waktu yang tepat untuk membeli asuransi dalam siniar bertajuk “Kapan Perlu Mikirin Asuransi Kesehatan dan Jiwa?”.

Jika berbicara soal waktu, semakin muda umur kita, semakin bagus jika kita memiliki asuransi. Sebab, pada usia yang lebih muda, kita akan memenuhi syarat untuk mendapatkan premi yang lebih rendah.

Dion mengatakan, ketika sehat dan punya pendapatan, maka inilah saat yang tepat untuk membeli asuransi. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan agen asuransi, atau teman yang sudah terlebih dahulu memiliki asuransi.

Baca juga: Mocca, Metaverse, dan NFT

Mengapa Harus Punya Asuransi?

Keluarga kita bergantung pada dukungan kita untuk menikmati standar hidup yang layak, itulah mengapa asuransi sangat penting terlebih bagi kita yang ingin memulai sebuah keluarga. Orang-orang yang berarti dalam hidup kita, dapat dilindungi dari kesulitan keuangan jika terjadi hal yang tidak terduga.

Tragedi yang tak terduga seperti penyakit, cedera, cacat permanen, bahkan kematian dapat membuat kita atau keluarga menghadapi tekanan emosional yang luar biasa. Adanya asuransi, bisa menstabilkan keuangan, bahkan mengurangi pengeluaran. Kita hanya perlu fokus pada pemulihan dan membangun kembali kehidupan.

Memiliki asuransi juga bisa menjadi salah satu warisan yang bisa ditinggalkan untuk keluarga melalui asuransi jiwa, yang sekaligus bisa menjamin masa depan keuangan anak-anak kita dan melindungi standar hidup mereka.

Asuransi Jiwa atau Kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan jaminan kepada tertanggung untuk mengganti biaya pengobatan yang meliputi biaya perawatan di rumah sakit, biaya pembedahan, dan biaya obat-obatan.

Sedangkan asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang bertujuan untuk menanggung seseorang atau keluarga terhadap kerugian finansial yang tidak terduga lantaran tertanggung meninggal dunia.

“Jika Anda belum berkeluarga, asuransi kesehatan mungkin penting dimiliki terlebih dahulu sebelum membeli asuransi jiwa. Sebab, asuransi jiwa bisa dipilih setelah memiliki tanggungan ketika sudah berkeluarga memiliki istri dan anak,” ujar Dion Rafael.

Namun, perlu diingat jika setiap orang memiliki kebutuhan asuransi yang berbeda-beda. Itulah mengapa penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada agen asuransi agar tidak salah pilih manfaat asuransi.

Memilih Asuransi Kesehatan

Memilih asuransi kesehatan yang tepat memang tidak mudah. Namun hal ini tidak menjadikan kita lantas enggan untuk memiliki asuransi. Teliti terlebih dahulu manfaat dan isi polis asuransi sebelum memutuskan membeli sebuah asuransi.

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Klaim Asuransi

Ciri asuransi yang tepat dan bisa menjadi pilihan, yaitu

  1. Uang pertanggungan besar.
  2. Memiliki banyak rekanan rumah sakit.
  3. Premi dan manfaat sepadan.
  4. Memberi pelayanan terbaik.
  5. Tak perlu ditalangi.
  6. Ada pelayanan rawat inap.
  7. Terdapat asuransi tambahan, seperti layanan Covid-19, penyakit kritis, dan lainnya.

Dengarkan perbincangan seputar keuangan dan investasi lainnya melalui siniar Cuan. Episode Cuan bertajuk “Kapan Perlu Mikirin Asuransi Kesehatan dan Jiwa?” juga bisa didengarkan melalui tautan berikut https://dik.si/cuan_kapan.

Ikuti terus siniar Cuan (Cari Untung Bareng Teman) yang hadir untuk kamu yang mulai belajar bisnis, finansial, dan investasi bersama para ahlinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com