Jazak Yus Afriansyah
Trainer

Author, Coach, Trainer.

4 Gerakan Menembus Kabut Ketidakpastian (Bagian 7 dari 8 Artikel Seri Green Ocean Strategy)

Kompas.com - 14/07/2022, 11:57 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

GREEN Ocean Strategy terdiri dari 8 Strategi yang dikembangkan secara khusus untuk mendorong individu dan korporasi lincah dan gagah bertumbuh dalam situasi yang penuh dengan ketidakpastian, khususnya pada kondisi saat ini di mana kita masih bingung apakah pandemi akan berakhir atau terus berlanjut?

Dengan Inspirasi 8 Strategi ini Anda akan semakin tangguh dengan lincah, baik sebagai seorang profesional yang terus mengembangkan karir, atau sebagai seorang entrepreneur dan pemimpin bisnis yang konsisten berikhtiar untuk melanggengkan bisnis menjadi lebih kokoh.

Secara bertahap akan kami bagikan 8 Strategi Samudera Hijau tersebut melalui 8 seri artikel Green Ocean Strategy.

Baca artikel pertama: 5 Pilar Strategi Bertumbuh (Bagian 1 dari 8 Artikel seri Green Ocean Strategy)

Pada edisi ini akan kita bahas strategi yang ketujuh, yaitu Strategi VUCA yang merupakan 4 Gerakan untuk menembus kabut tebal berupa situasi yang masih diselimuti dengan ketidakpastian.

“Without change there is no innovation, creativity, or incentive for improvement. Those who initiate change will have a better opportunity to manage the change that is inevitable.”
William Pollard.

VUCA adalah akronim yang digunakan untuk menggambarkan atau merefleksikan kondisi tidak stabil yang terlihat dengan adanya volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas kondisi dan situasi umum.

US Army War College memperkenalkan konsep VUCA untuk menggambarkan dunia multilateral yang lebih tidak stabil, tidak pasti, kompleks, dan ambigu yang dirasakan sebagai akibat dari berakhirnya Perang Dingin tahun 1990-an.

Penggunaan umum dari istilah "VUCA" dimulai pada 1990-an dan berasal dari kosa kata militer.

Ini kemudian berakar dalam ide-ide yang muncul pada kepemimpinan strategis yang berlaku di berbagai organisasi dan korporasi untuk terus mempertahankan dan meningkatkan profit perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.