Sandiaga Uno: Terobosan Baru Pengolahan Jagung Buat RI Bisa Bersaing di Tingkat Internasional

Kompas.com - 14/07/2022, 13:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak pelaku ekonomi kreatif di Gorontalo untuk memaksimalkan pengolahan jagung agar menjadi produk yang lebih berdaya saing.

Ia menyebut, Gorontalo menjadi salah satu lumbung produksi jagung nasional karena tanahnya yang subur.

Menurut Sandiaga Uno, dengan banyaknya produk turunan yang dihasilkan dari jagung, maka nilai jual jagung akan stabil. Dengan begitu, pendapatan para petani jagung di Gorontalo akan meningkat dan sejahtera.

Baca juga: Sandiaga Uno: Kenaikan Tarif Masuk TN Komodo untuk Biaya Konservasi Jasa Ekosistem

"Kita yakin dengan terobosan-terobosan baru dalam pengolahan jagung, kita punya peluang untuk bangkit jadi kita bisa bersaing di tingkat nasional ataupun internasional,” kata dia dalam keterangan resmi dikutip Kompas.com, Kamis (14/7/2022).

Ia menambahkan, Kemenparekraf bekerja sama dengan Yayasan Indonesia Setara, memberikan pendampingan dan pelatihan salah satu produk turunan dari olahan jagung yaitu pembuatan susu dan puding jagung.

“Hari ini ibu-ibu belajar mengolah jagung menjadi produk susu yang bisa dijadikan minuman susu kemasan, es susu jagung, bahkan susu sereal jagung. Beberapa contoh diversifikasi produk kuliner yang bisa langsung diterapkan. Kita berharap manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat Gorontalo, kalau nilai tambahanya meningkat, lapangan kerjanya akan meningkat,” terang dia.

Akses pemasaran yang cukup sulit dilakukan oleh para UMKM membuat mereka tersendat dalam penjualannya. Dengan begitu Sandiaga memberikan jalan keluar bagi para ibu-ibu dengan cara bantuan promosi.

"Kita punya solusi di Kemenparekraf, saya pengalaman dalam menghadirkan jalan keluar agar para ibu-ibu ini kita bantu promosinya, kita buka jaringannya, dan suatu saat penghasilan mereka akan meningkat," kata Sandiaga.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM Yukemi Botutihe mengungkapkan, dengan pelatihan yang diadakan para peserta dapat bangkit dari keterpurukan dalam ekonominya.

"Alhamdulillah dengan adanya ini bisa membantu kita yang notabenenya memang sudah terpuruk dalam perekonomian. InsyaAllah kedepannya kita pastikan ini berkembang, karena tadikan sudah dibantu promosi sama Pak Sandi dan itu sangat membantu sekali," kata Yukemi.

Baca juga: Ini Tips Membuat Konten Digital untuk Para Santri ala Sandiaga Uno

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.