Faktor-faktor Ini Jadi Pendorong Perbankan Berubah Jadi Bank Digital

Kompas.com - 14/07/2022, 20:00 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini digitalisai menjadi sangat penting di berbagai industri, termasuk industri perbankan. Saat memasuki era pandemi Covid-19, adaptasi digital semakin masif, dan mendorong banyak perbankan untuk melakukan transformasi.

Senior Executive Analyst of Digital Finance Innovation Group Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Moh Eka G Sukmana mengatakan, di era saat ini adopsi teknologi menjadi suatu keharusan.

Apalagi, Indonesia tercatat merupakakan salah satu negara dengan adaptasi digital yang sangat masif.

“Ada sekitar 125,6 persen dari populasi yang mengunakan ponsel. Mungkin, satu orang bisa punya lebih dari satu ponsel. Kita juga memiliki bonus demografi dimana gen y dan gen x sudah memiliki populasi yang cukup besar dari total penduduk 270 juta,” ungkap Eka secara virtual, Kamis (14/7/2022).

Baca juga: Ada Fenomena Lonely Economy, Chairul Tanjung Yakin Bank Masa Depan adalah Bank Digital

Penetrasi internet dan perangkat mobile

Eka mengatakan, dari sisi penetrasi internet, jumlahnya juga semakin meningkat. Kenaikan pengguna internet saat ini 73,7 persen atau naik 15 persen dibandingkan tahun lalu. Kenaikan ini selaras dengan pertumbuhan inovasi di sektor keuangan.

“Kita sudah tidak bisa hidup tanpa adanya internet, data kami mencatat pengembangan inovasi sektor keuangan digital juga semakin hari semakin meningkat, dan saat ini ada 88 penyelenggara IKD atau Inovasi Keuangan Digital,” jelas dia.

Hal tersebut juga diimbangi dengan penggunaan perangkat mobile, baik ponsel, laptop, dan tablet.

Baca juga: LPS Bakal Panggil Bank Digital yang Tidak Transparan Soal Bunga Simpanan Tinggi

Pertumbuhan mobile apps

 

Di sisi lain, pengembangan mobile apps juga terus dilakukan, yang mendorong jumlah transaksi perbankan semakin meningkat dan mendorong transformasi di sektor jasa keuangan.

“Kalau kita lihat, data pertumbuhan ekonomi digital kita semakin meningkat, peningkatan didukung dari sisi e-commerce, transportasi, food, online travel, dan online media,” jelas dia.

Baca juga: Kunci Bank Digital adalah Ekosistem, Bank Syariah Bisa Perkuat Modal dengan IPO

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.