KILAS

Begini Cara BPH Migas Minimalisasi Penyalahgunaan BBM Subsidi

Kompas.com - 15/07/2022, 09:20 WIB

KOMPAS.com - Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Yapit Sapta Putra mengatakan, pihaknya senantiasa memberikan masukan dan saran kepada para pengawas di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Masukan dan saran tersebut dilakukan guna meningkatkan pengamanan dan mitigasi jika terjadi tindakan kecurangan penggunaan dan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) subsidi oleh oknum-oknum tertentu.

“Operator dan pengawas SPBU merupakan garda terdepan untuk mencegah terjadinya penyelewengan distribusi BBM subsidi,” ujar Yapit dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Jumat (14/7/2022).

Selain itu, lanjut dia, masyarakat saat ini juga bisa berperan aktif apabila melihat indikasi kecurangan pada BBM subsidi dengan mengirimkan chat ke helpdesk BPH Migas di nomor 0812-3000-136.

Baca juga: Jika Pembelian BBM Subsidi Tak Dibatasi, Potensi Terjadi Over Kuota Besar

Pernyataan tersebut Yapit sampaikan saat melakukan tinjauan lapangan BBM bersama Komite BPH Migas Abdul Halim di Pekanbaru, Riau (12/7/2022).

Pada kesempatan tersebut, Abdul Halim memastikan bahwa distribusi BBM subsidi tidak mengalami kendala.

BPH Migas, kata dia, juga melakukan pengawasan terhadap adanya indikasi penyalahgunaan BBM subsidi di beberapa SPBU.

“Kami mendapatkan informasi bahwa ada beberapa SPBU yang melakukan kecurangan terhadap BBM subsidi,” ucap Abdul.

Baca juga: Tak Bisa Akses MyPertamina, Masyarakat Disarankan Datang ke SPBU untuk Pendataan Kendaraan

Sebagai tindak lanjut, ia menurunkan Tim Pengawasan BPH Migas bersama dengan Tim Pertamina Patra Niaga untuk melakukan cek lapangan secara langsung terhadap indikasi penyelewengan ke beberapa SPBU.

Dari pengecekan lapangan itu, Abdul mengklaim, pihaknya tidak menemukan penyelewengan terhadap pendistribusian BBM Subsidi. Bahkan, stok BBM juga dipastikan aman.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.