Mulai dari Rp 10.000, Ini Tips Investasi untuk Kalangan Mahasiswa

Kompas.com - 16/07/2022, 06:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Akses kepada investasi merupakan hak semua orang, tak terkecuali untuk mahasiswa. Saat ini, banyak mahasiswa juga mulai melirik investasi sebagai salah satu layanan keuangan.

Director Of External Affairs Pluang Wilson Andrew mengatakan, literasi investasi sejak dini sangat penting bagi masyarakat.

"Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika Serikat, terjadi sebuah fenomena positif. Survei tersebut menunjukkan, di masyarakat yang sudah memahami literasi investasi sejak dini, pendapatan masyarakatnya lebih tinggi 3 kali lipat dari yang tidak," kata dia, Jumat (15/7/2022).

Baca juga: Jual Beli Emas Digital Makin Diminati, Ini Saran Pengamat Sebelum Lakukan Investasi

Ia menambahkan, literasi investasi terhadap mahasiswa merupakan sebuah hal yang penting. Tingkat ketertarikan anak muda terhadap investasi dapat terlihat dari jumlah pengguna aplikasi investasi multi aset, Pluang.

Tercatat, sampai November 2021 jumlah pengguna aplikasi Pluang sebanyak 4 juta orang. Sementara, sekarang jumlah penggunanya mencapai 7 juta orang.

"Jadi awareness-nya sudah terbentuk, dan minatnya ada," kata dia.

Untuk itu, Wilson menjelaskan minat tersebut perlu dibina ke jalan yang tepat. Salah satunya adalah dengan menjelaskan mengenai profil risiko.

"Mahasiswa perlu juga mempelajari manajemen risiko, misalnya dapat uang bulanan dari orang tua bisa mulai menyisihkan berapa untuk kebutuhan sehari-hari dan ada yang untuk investasi," terang dia.

Baca juga: Tips Memulai Investasi Emas dari CEO Hartadinata Abadi

Setelah itu, mahasiswa dapat mulai belajar untuk membentuk portofolio investasinya. Bagaimana cara mengatur porsi investasi yang cocok dengan mahasiswa.

"Misalnya tidak suka investasi yang tinggi risiko, dapat mencoba ke investasi yang lebih aman misalnya emas digital, ada juga reksa dana pendapatan tetap," jelas dia.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.