Mengenal Mata Uang Sri Lanka dan Nilai Tukarnya yang Terus Melemah

Kompas.com - 16/07/2022, 10:53 WIB


KOMPAS.com – Kebangkrutan Sri Lanka sebagai sebuah negara tengah menjadi sorotan dunia. Pergerakan nilai tukar mata uang Sri Lanka menarik untuk diperhatikan.

Bagi Anda yang belum tahu, nama mata uang negara Sri Lanka adalah Rupee Sri Lanka. Dalam beberapa waktu terakhir, nilai tukar Rupee Sri Lanka terhadap Dollar AS (Rupee Sri Lanka to Dollar AS) terus melemah.

Lantas bagaimana dengan nilai tukar Rupee Sri Lanka ke Rupiah? 1 Rupee Sri Lanka berapa Rupiah?

Baca juga: Daftar Negara yang Menggunakan Mata Uang Euro

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai hal tersebut, lengkap dengan sejarah mata uang Sri Lanka sejak awal negara tersebut berdiri.

Sejarah nama mata uang negara Sri Lanka

Dikutip dari Investopedia pada Sabtu (16/7/2022), terdapat beberapa mata uang yang dipakai di wilayah Sri Lanka sebelum digunakannya Rupee Sri Lanka.

Poundterling Inggris (GBP) menjadi mata uang resmi pada tahun 1825. Sebelum periode ini, mata uang yang digunakan adalah Rixdollar Ceylon, mata uang yang digunakan di beberapa bagian Eropa dan beberapa koloni Belanda.

Baca juga: Daftar Negara Uni Eropa yang Tidak Menggunakan Mata Uang Euro

Pada tahun 1836, Inggris mendeklarasikan Rupee India (INR) sebagai koin resmi negara kepulauan itu. Pada tahun 1869, Ceylon (sebutan Sri Lanka pada saat itu), menetapkan Rupee India sebagai alat pembayaran yang sah.

INR sempat menjadi satu-satunya alat pembayaran yang sah untuk pulau itu tiga tahun kemudian. Kala itu, Sri Lanka belum mendapatkan kemerdekaannya.

Negara ini secara resmi memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948 dan mendirikan Bank Sentral Ceylon dua tahun kemudian.

Setelah negara itu berganti nama menjadi Sri Lanka, secara resmi mengadopsi mata uangnya sendiri pada tahun 1972.

Baca juga: Nama Mata Uang Arab Saudi adalah Riyal Saudi, Ini Sejarahnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.