BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sido Muncul

Bantu Anak Indonesia Mengukir Senyum, Sido Muncul Kembali Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Kompas.com - 17/07/2022, 13:06 WIB
Siti Sahana Aqesya,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Sido Muncul dan Rotary Club of Semarang and Bojong berkolaborasi dalam menggelar operasi bibir sumbing atau juga dikenal celah bibir dan langit-langit secara gratis. Acara ini dilaksanakan di Rumah Sakit Islam (RSI) Wonosobo, Sabtu (16/7/2022).

Kali ini, kegiatan tersebut menyasar pada balita dan anak-anak di Wonosobo, Jawa Tengah.
Adapun dukungan yang diberikan Sido Muncul berupa bantuan uang tunai senilai Rp 400 juta. Bantuan dipakai untuk biaya operasi 30 pasien.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Membership Committee Rotary Club of Semarang Bojong Eleonora Aprilita yang disiarkan secara virtual.

Gelaran tersebut juga disaksikan langsung oleh Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat serta Direktur RSI Wonosobo drg Jauhari Mursid.

“Bantuan ini kami fokuskan bagi penderita yang berasal dari keluarga kurang mampu,” ujarnya dalam gelaran yang dihadiri oleh Kompas.com, Sabtu.

Irwan berharap, operasi dapat berjalan lancar sehingga pasien dapat kembali tersenyum, percaya diri, dan terpenuhi asupan gizinya karena bisa makan dengan baik.

Penyerahan bantuan uang tunai senilai Rp 400 juta dari Sido Muncul secara simbolis. Penyerahan bantuan uang tunai senilai Rp 400 juta dari Sido Muncul secara simbolis.

Pada kesempatan sama, Eleonora mengapresiasi keterlibatan Sido Muncul terhadap kegiatan operasi gratis tersebut. Pasalnya, konsistensi Sido Muncul dalam membantu kegiatan sangat membantu anak-anak penderita bibir sumbing.

“Kami berharap, ke depan, Rotary Semarang dan Bojong serta Sido Muncul dapat kembali bekerja sama di kegiatan sosial untuk kemanusiaan,” ujarnya.

Irwan pun berterima kasih kepada Rotary Club of Semarang Bojong, RSI Wonosobo, serta tim dokter yang berkenan mengoperasi pasien secara gratis.

“Ke depan, kami akan terus melakukan kegiatan ini (secara konsisten),” ujarnya

Dalam kesempatan itu, Irwan juga mengimbau orangtua yang anaknya menderita penyakit tersebut untuk rajin menggali informasi terkait operasi gratis. Sebab, banyak organisasi-organisasi yang mau membantu pelaksanaan operasi seperti yang dilakukan pihaknya.

“Apabila dilakukan secara bergotong royong, masalah ini bisa terpecahkan,” kata Irwan.

Pasien operasi bibir sumbing gratis (Dok. Sido Muncul). (Dok. Sido Muncul) Pasien operasi bibir sumbing gratis (Dok. Sido Muncul).

Untuk diketahui, pasien yang dioperasi pada kegiatan tersebut adalah penderita celah pada bibir dan langit-langit. Rinciannya, sebanyak 10 pasien dengan kasus labio (celah bibir), 10 pasien kasus palato (celah langit-langit), serta 10 pasien kasus labio dan palato (celah bibir dan langit-langit).

Sebagai informasi, Sido Muncul telah mendukung kegiatan operasi gratis tersebut sudah terlaksana sebanyak enam kali sejak 2018. Sebelumnya, kegiatan serupa diadakan di Kupang Banten, Dolok Sanggul, Tarutung, dan Tegal, dengan total 125 pasien. Ditambah dengan bantuan untuk Wonosobo, Sido Muncul sudah membantu operasi 155 anak.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com