Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir: Direktur IMF Meyakinkan bahwa Indonesia Tidak dalam Keadaan Krisis...

Kompas.com - 18/07/2022, 08:38 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menerima kunjungan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva di Sarinah, Jakarta, Minggu (17/7/2022).

Didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Erick menyampaikan tiga pesan penting dari Georgieva.

Erick mengatakan, dalam kesempatan tersebut, hal pertama yang disampaikan Georgieva yakni meyakinkan bahwa Indonesia tidak berada dalam keadaan krisis.

"Ada tiga hal yang disampaikan, pertama, dia tidak yakin dan dia meyakinkan Indonesia tidak berada dalam jurang krisis seperti yang digembar-gemborkan," ujar Erick dalam siaran pers, Minggu (17/7/2022).

Baca juga: Bos IMF Kunjungi Sarinah, Erick Thohir: Saya Senang IMF Memuji-muji Indonesia...

Erick mengatakan, hal tersebut menjadi optimisme bagi Indonesia, tetapi apa yang dikatakan Georgieva diharapkan tidak menurunkan kewaspadaan Indonesia meski secara internal ekonomi Indonesia dalam posisi kuat.

"Secara eksternal, yang namanya geopolitik, global ekonomi bisa saja berdampak," ucap Erick.

Georgieva juga menilai Indonesia sudah menuju pada arah yang baik dengan memiliki fondasi ekonomi yang kuat dengan kemajuan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan kepada UMKM.

Selain itu, Erick mengatakan, Georgieva juga sangat kagum dengan upaya Indonesia dalam memperkuat ekosistem ekonomi seperti yang ada di Sarinah.

“Penguatan ekosistem tidak bisa ego sektoral, harus saling mendukung dan ada hasil yang konkret. Sarinah tidak hanya etalase produk lokal semata, melainkan upaya pemerintah meningkatkan kualitas produk lokal yang bisa bersaing di kancah global dan berkesinambungan,” tambah Erick.

Georgieva, Erick, dan Sandiaga menjalani tur di Sarinah dengan mengelilingi instalasi kain batik garuda nusantara sepanjang 74 meter di area lobi selatan, serta menyaksikan live demo Batik Motif Sekar Jagad oleh disabilitas, Sarinah Gallery atau Sarinah photo exhibition.

Ketiganya juga mengunjungi Instalasi Dekonstruksi & Rekonstruksi “Gunungan Wayang” oleh Dudung Aliu Syahbana, Tur di Department Store, dan menyampaikan kesannya di relief peninggalan Presiden Pertama Indonesia Soekarno.

Baca juga: 5 Fakta Rupiah Digital, Tekan Risiko Kripto hingga Dikritik IMF

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com