Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awali Pekan, IHSG dan Rupiah Kompak Menguat

Kompas.com - 18/07/2022, 09:56 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada sesi perdagangan hari ini, Senin (18/7/2022). Penguatan juga dialami oleh nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot.

Melansir data RTI, IHSG dibuka menguat pada sesi perdagangan hari ini. Setelah ditutup pada level 6.659,18 pada sesi Jumat (15/7/2022) kemarin, pagi hari ini IHSG dibuka pada level 6.659,19.

Sampai dengan pukul 09.40 WIB, IHSG terpantau terus berada di zona hijau. Tercatat IHSG berada pada level 6.676,71 atau menguat 23,59 poin (0,34 persen) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya.

Baca juga: Awal Pekan, IHSG Bakal Bangkit?

Sebanyak 251 saham melaju di zona hijau dan 185 saham di zona merah. Sedangkan 189 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 2.59 triliun dengan volume 4,93 miliar saham.

Bursa Asia lain juga terpantau menguat. Tercatat Hang Seng Hong Kong, Shanghai Komposit, dan Straits Times masing-masing menguat sebesar 1,32 persen, 1,03 persen, dan 0,51 persen.

Baca juga: IHSG Sepekan Turun 1,31 Persen, Kapitalisasi Pasar Rp 8.772,6 Triliun

Sebelumnya, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memprediksi, IHSG berpotensi menguat secara terbatas pada sesi perdagangan hari ini.

Menurutnya, mengawali minggu ke empat di awal semester dua, pergerakan IHSG masih akan terlihat dalam rentang konsolidasi wajar dengan potensi kenaikan terbatas.

Harga komoditas yang terlihat berpotensi berada dalam kondisi tertekan dinilai dapat memberikan sentimen yang kurang baik terhadap pergerakan saham emiten yang berkaitan dengan harga komoditas.

“Namun, ini dapat membuka peluang untuk investor melakukan akumulasi beli bagi saham diluar sektor komoditas yang memiliki fundamental solid, dan memiliki market cap besar,” tuturnya.

Baca juga: IHSG Ditutup di Zona Merah pada Akhir Pekan, Rupiah Menguat Tipis

Rupiah hari ini

Penguatan juga dialami oleh nilai tukar rupiah di pasar spot. Mengawali pekan, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berada di bawah Rp 15.000 per dollar AS.

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 14.970 per dollar AS. Nilai ini menguat dibanding level penutupan sebelumnya sebesar Rp 14.996,5 per dollar AS.

Adapun sampai dengan pukul 09.45 nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berada pada posisi Rp 14.973,5 dollar AS. Nilai ini menguat 23 poin atau 0,15 persen.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com