Kompas.com - 18/07/2022, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengatakan pemanfaatan ruang laut secara terkoordinasi dan terintegrasi merupakan hal yang penting.

Hal itu disampaikan KKP saat melakukan sosialisasi mekanisme penyelenggaraan pendirian dan penempatan bangunan atau instansi di laut.

Direktur Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Suharyanto mengatakan pemanfaatan ruang laut mencakup 3 dimensi yakni permukaan, kolom laut, dan dasar laut.

Baca juga: Sayembara Desain IKN Rampung, Pembangunan Dimulai Tahun Ini

"Dengan peraturan ini, maka pengaturan laut yang 3 dimensi dapat berjalan secara terkoordinasi dan terintergrasi, (agar) tidak ada konflik-konflik yang demikian masif," kata dia dalam Bincang Bahari secara virtual, Senin (18/7/2022).

Hal tersebut merupakan latar belakang Keputusan Menteri (Kepmen) Kelautan dan Perikanan Nomor 42 Tahun 2022 tentang Mekanisme Penyelenggaraan Pendirian dan/atau Penempatan Bangunan dan Instalasi di Laut.

Suharyanto menambahkan, dalam pemanfaatan ruang laut perlu adanya kepastian lokasi ruang laut tersebut.

"Apakah di permukaan laut, kolom laut, dasar laut, atau dari permukaan hingga dasar laut. Inilah yang disebut prasyarat dasar perizinan," ucap dia.

Berdasarkan penuturannya, Keputusan Menteri (Kepmen) Kelautan dan Perikanan Nomor 42 Tahun 2022 ini sebenarnya memberikan kemudahan dan memberikan kepastian kepada pelau usaha yang akan melakukan instalasi dan pembangunan di laut.

Baca juga: Ini Jurus Kemenperin untuk Memperlancar Ekspor CPO

"Jadi memang kondisi existing itu ada banyak ketentuan peraturan perundangan terkait dengan proses pemberian perizinan tadi. Dengan Kepmen KP 42 ini, itu prosesnya kita lakukan secara terintegrasi," ungkap dia.

Ia memerinci, dalam mendapatkan izin pertama-tama pemohon perlu mengajukan proposal rencana kegiatananya. Kemudian, pelaku usaha mengadakan survei awal untuk memastikan agar saat melakukan pengajuan terdapat hal yang belum pasti terkait dengan koordinat lokasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.