Sayembara Desain IKN Rampung, Ini Rencana Prioritas Pembangunannya

Kompas.com - 18/07/2022, 19:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Adapun sayembara desain IKN tersebut dibagi menjadi empat kategori, yaitu Kompleks Istana Wapres, Kompleks Perkantoran Yudikatif, Kompleks Perkantoran Legislatif dan Kompleks Peribadatan.

Lantas, bagaimana rencana pembangunan di IKN?

Baca juga: Kementerian PUPR Gandeng JICA Jadi Konsultan Pengawas Pembangunan IKN Nusantara

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti mengatakan Kompleks Istana Wapres akan diprioritaskan dalam pembangunan di IKN. Kemudian, dilanjutkan dengan pembangunan Kompleks Peribadatan.

"Kemudian, ketiga antara Kompleks Yudikatif dan Legislatif akan sama-sama kita lakukan namun bertahap," kata Diana di Auditorium PUPR, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Diana mengatakan, pihaknya akan menyusun basic design dari bangunan kompleks tersebut, mengingat setiap desain IKN memiliki dua pemenang, sehingga dibutuhkan kolaborasi lebih lanjut.

"Kita susun basic design-nya, ini membutuhkan waktu 1-2 bulan," ujarnya.

Diana melanjutkan, setelah penyusunan basic design, pemerintah akan menghitung kebutuhan dari perencanaan pembangunan.

"Nanti kita hitung kira-kita kebutuhannya berapa, ini kan kita belum ada perencanaan teknisnya sehingga setelah ada basic design, kita baru bisa menilai kira-kira kebutuhan pembangunan dari istana wapres kemudian Kompleks Peribadatan," ucapnya.

Baca juga: Sayembara Desain IKN Rampung, Pembangunan Dimulai Tahun Ini

Para Pemenang Sayembara Desain IKN

1. Kompleks Istana Wapres

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.