Airport Tax Naik, Citilink Sebut Tak Naikkan Harga Tiket Pesawat

Kompas.com - 19/07/2022, 06:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Citilink memastikan harga tiket pesawat tidak naik meski tarif Passenger Service Charge (PSC) alias airport tax mengalami kenaikan.

VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia Diah Suryani Indriastuti mengatakan, kenaikan tarif airport tax  diharapkan dapat meningkatkan level pelayanan dan kenyamanan bagi calon penumpang transportasi udara.

“Perubahan tarif PSC yang ditetapkan oleh operator Bandara tentunya akan berpengaruh pada total harga tiket yang dibayar oleh masyarakat, karena PSC termasuk ke dalam komponen dari harga tiket,” ucap dia seperti dilansir Kontan.co.id, Senin (18/7).

Baca juga: Airport Tax Naik, Harga Tiket Pesawat Bakal Makin Mahal?

Namun demikian, dia memastikan harga tiket (base fare) pesawat tidak mengalami kenaikan dan berada dalam batas tarif batas bawah (TBB) maupun tarif batas atas (TBA) maskapai yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk tetap menjaga tarif tersebut, Citilink akan bekerja sama dengan operator Bandara sebagai stakeholders, untuk memberikan layanan terbaik kepada penumpang sehingga konsumen dapat merasakan manfaat daripada kenaikan PSC tersebut.

Sebelumnya Ketua Asosiasi Jasa Penerbangan Indonesia (APJAPI), Alvin Lie mengungkapkan bahwa tarif airport tax sudah naik.

Misalnya, tarif airport tax di Bandara Pattimura Ambon dan Bandara El Tari Kupang sudah naik dalam kisaran 40 persen dan 75 persen menjadi Rp 70.000. Kenaikan tarif ini sejak 24 Juni 2022.

Baca juga: Airport Tax Naik, Kemenhub Minta Operator Bandara Lakukan Sosialisasi

Beberapa bandara mengalami kenaikan tarif airport tax per 16 Juli 2022, seperti Bandara Juanda Surabaya, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, dan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta.

Adapun tarif airport tax di Bandara Soekarno-Hatta Terminal 2 dan 3 untuk rute domestik juga naik, masing-masing 41 persen dan 30 persen menjadi Rp 119.880 dan Rp 168.720. Kenaikan ini akan mulai efektif mulai 1 Agustus 2022. (Venny Suryanto)

Artikel ini telah tayang di Konta.co.id dengan judul Citilink Pastikan Harga Tiket Tak Naik di Tengah Penyesuaian Airport Tax

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.