Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Tambahan Joint Financing dari Bank DBS Indonesia, Ini Target Kredivo

Kompas.com - 20/07/2022, 19:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Plaform kredit konsumen retail Kredivo baru saja mendapatkan tambahan limit joint financing sebesar Rp 2 triliun dari PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia).

CEO Kredivo Indonesia Umang Rustagi mengungkapkan, pihaknya akan memperluas pembiayaan hingga ke kota tier 2 sampai tier 3.

"Hal ini menjadi momentum untuk Kredivo dan Bank DBS Indonesia untuk berinovasi menyediakan akses pinjaman kredit retail konsumen. Pun, kami melihat terdapat lonjakan di masyarakat dalam penggunaan paylater. Jadi, itu target Kredivo," jelas dia dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Bank DBS Indonesia Tingkatkan Joint Financing ke Kredivo Jadi Rp 2 Triliun

Umang yakin, pengguna Kredivo dalam dua tahun ke depan dapat tumbuh dua kali lipat. Adapun, saat ini diketahui pengguna Kredivo telah mencapai 5 juta orang.

Menanggapi hal tersebut, Consumer Banking Director Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung menyebut penggunaan paylater saat ini sudah menjadi gaya hidup.

Ia menambahkan, saat ini Indonesia juga memiliki keuntungan demografis. Untuk itu, pihaknya akan memanfaatkan hal tersebut untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

"Lifestyle ini tidak hanya untuk kota tier 1. Bagaimana memanfaatkan bukan hanya kepentingan kita tetapi juga kepada para pelanggan. Tujuannya untuk inklusi keuangan," terang dia.

Baca juga: Kredivo Targetkan Beri Layanan Keuangan pada 20 Juta Orang dalam 5 Tahun Mendatang

Apalagi menurut dia, hal ini didorong pula dengan pertumbuhan penggunaan telepon genggam di Indonesia.

"Kebutuhan kredit retail itu tinggi, hal ini jadi tantangan sekaligus peluang. Buy now, pay later (BNPL) itu peluang, juga menjadi lifestyle," imbuh dia.

Bank DBS Indonesia Indonesia sendiri optimistis penambahan limit joint financing ini dapat menjangkau pasar yang sebelumnya belum pernah digarap.

Sebagai informasi, peningkatan limit joint financing Bank DBS Indonesia kepada Kredivo dilakukan secara bertahap.

Awalnya, pada tahun 2020 joint financing Bank DBS Indonesia sebesar Rp 500 miliar. Kemudian, pada tahun 2021 bertambah menjadi Rp 1 triliun. Sedangkan, pada tahun 2022 ini limit joint financing Bank DBS Indonesia menjadi Rp 2 triliun.

Baca juga: Perluas Akses Kredit, Kredivo, Mastercard dan BNI Luncurkan Infinite Card

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com