Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Bank Digital, OJK Janji Akan Lebih Proaktif

Kompas.com - 21/07/2022, 12:41 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Komosioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang baru saja dilantik, berupaya untuk lebih proaktif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan bank digital ke depan.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan, selama ini OJK telah melakukan berbagai upaya untuk menciptakan iklim yang kondusif untuk pengembangan bank digital. Ke depannya, OJK akan lebih proaktif dalam melakukannya.

Terutama dalam mengantisipasi risiko-risiko yang dapat timbul dari sektor perbankan digital, baik berupa risiko teknis, risiko operasional, hingga risiko ancaman sistem seperti cyber attack.

Baca juga: Persaingan Bank Digital Makin Ketat, Bank Aladin Fokus Garap Segmen Underbanked dan Unbanked

"(Selain upaya yang sudah dilakukan) kita juga akan melakukan upaya-upaya lebih proaktif untuk mencegah terjadinya ekses atau risiko yang timbul dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh produk digitalisasi ini," ujarnya saat konferensi pers virtual, Rabu (21/7/2022) malam.

Dia memastikan OJK berencana mengatasi berbagai risiko tersebut secara lebih sistemik ke depannya agar tercipta lingkungan yang kondusif dan aman selama transformasi dari bank konvensional ke bank digital.

"Dalam artian kita nanti tidak akan terlalu bergantung kepada masing-masing bank. Tapi kita akan menciptakan suatu sistem yang itu akan bisa memprotect keseluruhan perbankan atau keseluruhan sistem keuangan termasuk IKNB (industri keuangan non bank)," jelasnya.

Di permulaan masa jabatannya, dia telah membagi rencana untuk pengembangan industri perbankan digital agar tumbuh lebih cepat dan sutainable untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Namun sebut dia,  yang terpenting ialah memperkuat integritas sistem keuangan agar tidak menghilangkan keyakinan masyarakat terhadap sistem keuangan terutama keuangan digital.

"Tanpa integritas saya rasa sistem keuangan ini akan dari waktu ke waktu image atau kredibilitasnya bisa berkurang," tuturnya.

Baca juga: Ini Strategi OJK Cegah Kasus Jiwasraya dan Asabri Terulang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com