Sequis Life Catat Total Dana Kelolaan Investasi Rp 18,27 Triliun

Kompas.com - 21/07/2022, 16:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Asuransi Jiwa Sequis Life mencatat total dana kelolaan investasi sebesar Rp 18,27 triliun pada kuartal I-2022.

Sedangkan total aset Sequis Life mencapai Rp 19,44 triliun. Angka ini naik sebesar 1 persen dari periode yang sama tahun 2021.

President Director & CEO Sequis Life Tatang Widjaja mengatakan, pemulihan ekonomi sudah mulai terlihat pada tahun 2021 karena gencarnya vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Tetapi menurut dia, kondisi belum sepenuhnya normal ditambah merebaknya kekhawatiran varian omicron yang memengaruhi kontribusi kinerja porsi saham terkait LQ45 Indeks sepanjang tahun 2021. Kinerja saham berkapitalisasi besar (LQ45) membukukan kinerja negatif 1,5 persen secara tahunan jauh di bawah kinerja positif IHSG sebesar 9,03 persen secara tahunan.

Baca juga: Tidak Mampu Bangkit, IHSG Ditutup di Zona Merah

"Kinerja ini juga memengaruhi capaian kinerja perusahaan karena Sequis menempatkan investasi pada saham berkapitalisasi besar dan liquid (LQ45 Indeks)," kata dia dalam siaran pers dikutip Kompas.com, Kamis (21/7/2022).

Namun demikian, Tatang meyakini kinerja investasi Sequis berbasis saham dapat tumbuh mendekati 10 persen per tahun pada 1 sampai 3 tahun ke depan. Hal tersebut mengingat pasar saham masih didukung prospek normalisasi perekonomian dan pemulihan pertumbuhan pendapatan emiten bursa khususnya di tahun 2022.

Optimisme ini tidak lain didasarkan pada analisis konsensus yang memproyeksikan tren hasil investasi saham rupiah akan lebih prospektif pada tahun 2022.

Menurut Tatang, hal tersebut juga ditunjang dengan kondisi inflasi Indonesia yang masih terkendali. Hal ini karena kesiapan pemerintah dan bank sentral merespons krisis global dengan berbagai kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan dalam negeri termasuk tidak menaikkan suku bunga di tengah angka inflasi global yang meningkat tinggi.

"Sesuai prioritas utama perusahaan dalam mengelola risiko investasi jangka panjang, di tahun 2022, Sequis terus menjaga porsi investasinya pada aset pendapatan tetap, saham, dan pasar uang yang aman dan likuid," imbuh dia.

Baca juga: Lokasi dan Jadwal Lelang 6 Wilayah Kerja Migas

Tatang memerinci, porsi investasi terbesar Sequis masih pada obligasi pemerintah, BUMN, dan swasta dengan peringkat AAA dan AA. Adapun, sebagian lainnya ditempatkan pada saham dan deposito mayoritas pada bank buku 3 dan 4, yang secara aktif diawasi risiko likuiditas dan tingkat kesehatannya.

Sequis mempercayakan pengelolaan investasi pada rekanan Manajer Investasi (MI) terpilih. Semua hal ini merupakan implementasi riil Sequis dalam mengelola kualitas dan likuiditas tiap aset investasi, memastikan kelancaran pembayaran klaim, dan melindungi seluruh nasabah.

Tercatat, total aset kelolaan Sequis mulai naik di kuartal 1 tahun ini. Tatang mengaku, hal tersebut jadi indikasi membaiknya kondisi pasar keuangan pasca tekanan pandemi.

“Kami optimistis, transisi kondisi pandemi ke endemi dapat berjalan baik ditambah lagi perekonomian mulai menggeliat. Bisnis asuransi jiwa di Indonesia masih sangat potensial. Ada banyak kesempatan untuk memenuhi kebutuhan berasuransi masyarakat," tandas Tatang.

Baca juga: Jabatan Pelayanan Publik Bakal Diisi PPPK, Bagaimana Nasib PNS?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.