KAI Daop 1 Jakarta Hadirkan Layanan Vaksinasi Covid-19 di Stasiun Manggarai

Kompas.com - 22/07/2022, 08:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta bekerja sama dengan Puskesmas Tebet menggelar vaksinasi Covid-19 bagi pengguna KRL dan masyarakat sekitar Stasiun Manggarai mulai Senin 11 Juli 2022.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, kegiatan vaksinasi dilaksanakan di hall pintu masuk sisi Timur Stasiun Manggarai. Vaksinasi dilakukan setiap hari kerja mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

"Setiap harinya disediakan sebanyak 200 dosis vaksin dengan jenis vaksin Sinovac, Astrazaneca, Pfizer dan Moderna," kata Anne dalam keterangan tertulis, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: Arus Mudik Masih Ada, KAI Daop 1 Jakarta: Kedatangan Penumpang dari Daerah Mulai Meningkat

Anne mengatakan, bagi pengguna KRL atau masyarakat sekitar stasiun bisa melakukan vaksinasi dosis pertama atau kedua, serta vaksinasi booster di sentra vaksinasi Stasiun Manggarai.

Ia melanjutkan, masyarakat dan pengguna KRL yang ingin mengikuti vaksinasi, dapat langsung mendaftar di lokasi dengan membawa fotocopy KTP.

"Sebelum dilakukan vaksinasi, pastikan dalam kondisi sehat, istirahat yang cukup, dan sudah makan. Petugas juga akan melakukan screening dan pemeriksaan tekanan darah sebelum dilakukan vaksinasi," ujarnya.

Baca juga: PT KAI Daop 1 dan Komnas Perempuan Ajak Warga Berani Cegah Pelecehan Seksual di Transportasi Umum

Adapun berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 72 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 8 Juli 2022, KAI Commuter mewajibkan vaksin Covid-19 sebagai syarat menggunakan KRL ataupun KA Lokal.

Berikut syarat lengkap agar bisa menggunakan KRL atau KA Lokal:

1. Memperlihatkan sertifikat vaksinasi dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat akan masuk area stasiun.

2. Memperlihatkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama jika tidak menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

3. Menggunakan masker dengan benar hingga menutup hidung, mulut dan dagu secara sempurna sesuai dengan aturan, serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta.

Terakhir, seluruh pengguna KRL diminta untuk selalu merencanakan perjalanan yang baik dan mengikuti seluruh protokol kesehatan yang berlaku agar bisa menciptakan transportasi KRL yang sehat, aman dan nyaman bagi para penggunanya selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Volume Penumpang KAI Naik 42 Persen di Semester I-2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.