Pakai Motor Listrik Volta, SiCepat Ekspres Hemat Biaya Bahan Bakar hingga Rp 9 Miliar

Kompas.com - 22/07/2022, 11:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kolaborasi SiCepat Ekspres dengan PT Volta Indonesia Semesta dalam pembelian 10.000 unit motor listrik pada Desember 2021 telah berhasil melakukan penghematan biaya bahan bakar 25 persen atau sekitar Rp 9 miliar.

Penggunaan motor listrik ini merupakan bentuk komitmen SiCepat Ekspres dalam mendukung misi pemerintah Indonesia dalam migrasi ke ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Selain menghemat biaya yang dikeluarkan untuk pembelian bahan bakar, melalui penggunaan motor listrik Volta, SiCepat Ekspres juga turut berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon.

Baca juga: Garap Pembiayaan Motor Listrik. BRI Finance Gandeng Smoot Motor Indonesia

Menurut penelitian Department of Environment, Food and Rural Affairs yang berbasis di London, Inggris, emisi karbon yang dihasilkan oleh bahan bakar berjenis bensin adalah 2,33 kilogram per liter.

Merujuk perhitungan tersebut, SiCepat Ekspres telah berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon lebih dari 12.000 ton atau setara dengan 5,4 juta liter konsumsi BBM selama 6 bulan pemakaian.

‘’Penggunaan motor listrik Volta untuk armada operasional kami sangat berdampak pada cost efficiency yang kita alami. Selain itu, manfaat tidak hanya kami rasakan dari segi finansial saja, penggunaan motor listrik ini juga merupakan program berkelanjutan yang akan terus kami dorong demi menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman," ujar Chief Executive SiCepat Ekspres The Kim Hai dalam siaran resminya dikutip Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Baca juga: Menakar Prospek Motor Listrik di Indonesia, Bagaimana Potensinya?

Lebih lanjut The Kim Hai mengatakan, penggunaan motor listrik oleh SiCepat Ekspres ini juga diperkuat dengan perluasan infrastruktur stasiun penukaran baterai SGB di gerai-gerai SiCepat Ekspres.

Terdapat lebih dari 118 stasiun penukaran baterai SGB yang berlokasi di gerai SiCepat Ekspres yang meliputi wilayah Jabodetabek, Bali, Semarang, Solo, dan Karawang.

Dengan adanya titik SGB yang berlokasi di gerai SiCepat Ekspres, pengguna motor listrik Volta dapat dengan mudah melakukan penggantian baterai pada unit motor listriknya.

Baca juga: Tahun Ini, PLN Bakal Sediakan 4.900 SPBKLU untuk Motor Listrik Grab

Sementara itu, CEO PT Volta Indonesia Semesta Iwan Suryaputra mengatakan, motor listrik Volta menjadi solusi yang tepat bagi SiCepat dalam penghematan biaya operasional.

Teknologi sistem ganti baterai (SGB) yang digunakan Volta sangat efisien dengan kapasitas baterai yang bisa menempuh jarak hingga 60 kilometer.

‘’Kami memastikan unit motor listrik Volta dirakit dengan quality control yang baik sehingga semua fitur yang ditawarkan dapat memberi kemudahan kepada para penggunanya.Terlebih, jaringan SGB yang telah kami miliki juga memberikan kemudahan untuk mengganti baterai secara cepat," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.