Progres Penataan Tol Bali-Mandara Sudah 90 Persen

Kompas.com - 23/07/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah merampungkan proyek "beautifikasi" dan penataan jalan tol Bali-Mandara untuk perhelatan Presidensi G20.

Rencananya, para pemimpin negara anggota G20 akan melintasi jalan tol ini saat Presidensi G20 yang diselenggarakan di Bali pada November mendatang.

Dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, saat ini progres "beautifikasi" dan penataan jalan tol satu-satunya di Bali ini sudah mencapai 90 persen.

Progres pembangunan dilakukan dari pemasangan ornamen pada tiang Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 549 unit dan penanaman bibit mangrove sebanyak 756.800 bibit.

Baca juga: Pertamina Bantah Kabar Beli BBM Subsidi Wajib Pakai MyPertamina Berlaku 1 Agustus 2022

Bibit mangrove ini berlokasi di interchange Ngurah Rai dan di kilometer (km) 3+600. Jumlah mangrove yang ditanam termasuk penanaman bibit mangrove yang membentuk tulisan G20 sebesar 158x54 meter dengan total 300.000 bibit.

Pekerjaan konstruksi juga dilakukan pada gerbang tol dengan desain angkul-angkul Bali di tiga gerbang tol, yakni Nusa Dua, Benoa, dan Ngurah Rai dan telah memasuki tahap akhir penyelesaian.

Selain itu, juga dilakukan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di tiga gerbang tol yang merupakan kerja sama program energi hijau bersama PT Bukit Energi Investama.

BPJT juga melakukan program Green Environment di antaranya penanaman pohon dan pembuatan taman di akses gerbang tol, media dan taper Jalan Tol.

Sebagai informasi, jalan tol di Bali ini merupakan salah satu jalan tol atas air terpanjang di dunia yang menghubungkan wilayah Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Bali Tol (JBT).

Uniknya, jalan tol ini tidak hanya bisa dilalui kendaraan roda empat atau lebih tetapi juga dapat dilalui oleh pesepeda motor di jalur khusus yang terletak di pinggir sebelah kiri jalan tol.

Baca juga: Erick Thohir: Melalui Internet, Sekarang Bisa Belajar Apa Pun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.