Mengenal Rupee India, Ini Sejarah Mata Uang India

Kompas.com - 24/07/2022, 15:25 WIB


KOMPAS.com - Nama mata uang India adalah rupee India. Secara internasional, mata uang negara India kerap disingkat dengan kode INR.

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai sejarah mata uang India, lengkap dengan penjelasan mengenai beberapa gambar mata uang india.

Rupee India diterbitkan dengan sejumlah pecahan uang koin atau logam dan uang kertas. Bagaimana tampilan cetakan mata uang negara India?

Baca juga: Daftar Nama Pahlawan di Uang Rp 1.000 hingga Rp 100.000 Emisi 2022

Gambar mata uang india

Dikutip dari Investopedia pada Minggu (24/7/2022), koin di India dikeluarkan dalam denominasi 50 paise, satu rupee, dua rupee, lima rupee, dan sepuluh rupee.

Paise adalah 1/100 rupee. Koin senilai 50 paise disebut koin kecil, sedangkan koin yang sama atau di atas satu rupee disebut koin rupee.

Sedangkan uang kertas diterbitkan dalam pecahan 5, 10, 20, 50, 100, 500, dan 2.000 rupee.
Di sisi belakang rupee kertas, pecahan dicetak dalam 15 bahasa. Sedangkan di sisi depan pecahan dicetak dalam bahasa Hindi dan Inggris.

Uang kertas sering diperbarui dengan desain baru, termasuk perbedaan mencolok dari uang kertas Seri Mahatma Gandhi lama dengan uang kertas baru dengan nama yang sama.

Tampilan uang kertas rupee India tersebut mencakup berbagai tema warisan kekayaan budaya India.

Baca juga: Kenali Nama Mata Uang China, Apa Bedanya Renminbi dan Yuan?

Terkait hal ini, faktor keamaan dan pemalsuan rupee menjadi topik yang kerap memunculkan polemik. Pasalnya, India masih banyak memberlakukan ekonomi berbasis uang tunai, yang mengakibatkan mata uang palsu diedarkan oleh mereka yang terlibat dalam perilaku ilegal.

Reserve Bank of India (RBI) harus mengubah dan memperbarui uang kertas rupee dengan fitur keamanan baru selama bertahun-tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.