Ada OSS dan NIB Gratis, UMKM Bisa "Mulus" Dapat Fasilitas Kredit Perbankan

Kompas.com - 24/07/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengatakan, pihaknya terus berkomitmen melakukan percepatan perizinan berusaha melalui sistem Online Single Submission (OSS).

Melalui sistem OSS ini, pelaku usaha khususnya UMKM akan memperoleh kepastian dan percepatan izin usaha tanpa biaya. Apalagi saat ini, fasilitas kredit perbankan belum dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku UMKM.

Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya UMKM yang belum memiliki legalitas usaha, sehingga tidak dapat memperoleh akses perbankan.

"Kalau pelaku UMK tidak punya izin, maka perbankan tidak bisa menyalurkan kredit. Itu tanggung jawab kami membuat izin gratis melalui sistem OSS agar pelaku UMK mendapat fasilitas pendanaan dari perbankan," ucap Bahlil dalam kegiatan Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada UMKM di Medan, dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (24/7/2022).

Baca juga: Erick Thohir Bakal Terbitkan 10 Juta NIB Lewat OSS

Dalam kesempatan itu, Bahlil memberikan NIB kepada 8 dari 550 pelaku UMKM yang hadir dalam kegiatan tersebut. Di kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal BPP Hipmi Bagas Adhadirgha mengatakan, program kemudahan perizinan melalui OSS sudah berjalan baik.

Bagas bilang, Hipmi pun turut dilibatkan oleh BKPM untuk mengawal dan terjun langsung dalam membantu proses kemudahan izin usaha ini bersama pemerintah daerah (pemda) seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah, seperti di Sumatera Utara ini, animo masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk memiliki NIB sangat tinggi, ini menandakan geliat ekonomi di daerah sudah mulai bangkit lagi," kata Bagas.

Baca juga: OSS Belum Sempurna, Bahlil Akui Ada 2 Masalah Besar

Menurutnya, Hipmi mendukung penuh langkah strategis Kementerian Investasi dalam membantu pelaku UMKM perorangan. Terutama legalisasi pengusaha UMKM perorangan ini untuk mendapatkan NIB.

"Semoga ini menjadi pengembangan bagi para wirausaha muda di daerah untuk dapat berkembang dan naik kelas," tutur dia.

Baca juga: Bahlil Gandeng PNM, Dorong Pelaku UMKM Kantongi Legalitas NIB

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.