Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diproyeksi Lanjutkan Kenaikan, IHSG Hari Ini Bersiap Tembus Level 6.900

Kompas.com - 25/07/2022, 06:48 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bergerak fluktuatif cenderung menguat pada sesi perdagangan Senin (25/7/2022) ini, seiring pelaku pasar masih menunggu keputusan bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve (The Fed), terkait kebijakan suku bunga acuan.

The Fed diyakini akan kembali menaikkan suku bunga acuannya sebesar 75 basis points (bps) pada pertemuan mendatang. Ini lebih rendah dari proyeksi sebelumnya, yakni sebesar 100 bps, menyusul lonjakan inflasi yang terus terjadi di Negeri Paman Sam.

Dengan proyeksi yang lebih rendah tersebut, investor menjadi lebih optimistis, sehingga mendorong penguatan indeks saham di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Akhiri Pekan, IHSG Ditutup Menguat ke Level 6.886

“IHSG (akhir pekan lalu) ditutup menguat seiring bursa saham global yang kompak menguat setelah ekspektasi akan kenaikan suku bunga The Fed tidak akan terlalu signifikan,” ujar Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christoper, dalam risetnya, dikutip Senin (25/7/2022).

Dennies memproyeksi, penguatan IHSG akan kembali terjadi pada sesi perdagangan awal pekan ini.

“IHSG diprediksi Menguat. Secara teknikal candlestick membentuk higher high dan higher low berpotensi menguat dan uji resistance terdekat di MA50,” kata dia.

Adapun untuk pergerakan hari ini, level support IHSG diproyeksi bergerak di rentang 6.857-6.828. Sementara itu, level resistance IHSG berada pada rentang 6.908-6.930.

Senada dengan Dennies, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya juga memproyeksi, IHSG berpotensi bergerak cenderung menguat pada hari ini.

Ia menyebutkan, pada pekan ini sejumlah sentimen besar akan mengumumkan hasil bisnis pada kuartal II-2022. Realisasi kinerja yang diproyeks positif siap mendongkrak pergerakan IHSG.

Adapun pada sesi perdagangan hari ini, William memproyeksi, IHSG akan bergerak melemah pada rentang 6.6.86-6.901.

“Mengawali pekan terakhir di bulan ketujuh tahun 2022, rilis kinerja emiten sepanjang paruh pertama tahun 2022 masih dinanti, perkiraan laporan kinerja yang membaik di paruh pertama tahun ini akan dapat memberikan sentimen positif terhadap pola gerak IHSG,” tuturnya.

Baca juga: Kondisi Pasar Masih Tidak Menentu, Sektor Saham Apa yang Layak Dikoleksi?

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com