Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA: Total Nilai Transaksi BI Fast Capai Rp 271 Triliun Per Juni 2022

Kompas.com - 26/07/2022, 13:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk mencatat per Juni 2022 total nilai transaksi BI Fast sebesar Rp 271 triliun dengan frekuensi 67 juta transaksi.

Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, diperkirakan jumlah transaksi BI Fast akan semakin meningkat ke depannya.

Apalagi mulai Juni lalu, BCA menambah layanan BI Fast ini di aplikasi mobile banking BCA agar nasabah BCA semakin mudah menggunakan layanan BI Fast.

"Total transaksi BI Fast yang diproses oleh BCA mencapai Rp 271 triliun dengan frekuensi 67 juta transaksi sampai dengan Juni 2022. Pencapaian ini diharapkan akan terus meningkat sejalan dengan diimplementasikannya BI Fast pada BCA mobile pada Juni lalu," ujar Hera kepada Kompas.com, dikutip Selasa (26/7/2022).

Baca juga: BRI Catat Jumlah Transaksi BI Fast Naik 20-30 Persen Tiap Bulan

Sebagai informasi, BI Fast atau Bank Indonesia Fast Payment merupakan layanan transfer antarbank yang disediakan oleh Bank Indonesia (BI).

Layanan ini memungkinkan nasabah melakukan transfer antarbank lebih murah dari layanan transfer antarbank lainnya, dengan biaya Rp 2.500 per transaksi.

"Terkait dengan BI Fast, kami melihat bahwa inisiatif dari Bank Indonesia ini membuat sistem pembayaran Indonesia semakin maju, modern dan up to date sesuai dengan perkembangan jaman," ucap Hera.

Baca juga: BI Fast BCA: Cara Transfer BCA ke Bank Lain dengan Biaya Rp 2.500

Bank BCA merupakan satu dari 52 peserta yang saat ini terdaftar di layanan BI Fast. Jumlah peserta tersebut sebanyak 51 peserta merupakan bank umum dan unit usaha syariah (UUS) dan satu lagi adalah Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Diberitakan sebelumnya, BI mencatat jumlah transaksi BI Fast kini mencapai 700.000 transaksi tiap harinya.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, sejak diluncurkan pada Desember 2021, sistem pembayaran digital ini semakin diminati masyarakat.

Pasalnya, BI Fast hanya mengenakan biaya transfer lebih murah yakni Rp 2.500 per transaksi dibandingkan biaya transfer yang dikenakan perbankan sebesar Rp 6.500 per transaksi.

"BI Fast payment sejak kami luncurkan di Desember sekarang setiap harinya 700.000 transaksi retail, dengan biaya hanya Rp 2.500," ujar Perry saat acara G20 Advancing Digital Economy and Finance di Bali, Kamis (14/7/2022).

Baca juga: BI Bantah Biaya BI Fast yang Murah Mengurangi Pendapatan Perbankan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com