Pelaku UMKM Bisa Ajukan KUR ke Nobu Bank secara Online

Kompas.com - 26/07/2022, 13:39 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Nationalnobu Tbk atau Nobu Bank bekerja sama dengan PT Brilliant Ecommerce Berjaya atau Mbizmarket dalam penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) ke pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Head of Retail Banking Nobu Bank Steve Marciano Joe mengatakan melalui kolaborasi itu, pelaku UMKM yang membutuhkan pembiayaan dapat mengajukan KUR Nobu Bank secara digital, tanpa perlu ke kantor cabang.

Fasilitas KUR hingga Rp 100 juta diberikan untuk para pelaku usaha UMKM yang telah bergabung di Mbizmarket dengan lama usaha lebih dari 6 bulan serta memenuhi ketentuan dan persyaratan kredit yang ditetapkan berdasarkan ketentuan pemerintah dan bank tentang KUR yang berlaku.

Baca juga: Syarat dan Cara Ajukan KUR BRI Online 2022 lewat kur.bri.co.id

“Proses cepat dan mudah, tanpa menggunakan agunan/barang jaminan, pencairan dilakukan secara cashless langsung ke rekening Nobu Bank milik nasabah,” ujar Steve dalam keterangannya, Selasa (26/7/2022).

“Serta tersedia pembayaran autodebet dari rekening Nobu Bank merupakan fitur dari Produk KUR yang ditawarkan oleh Nobu Bank,” tambah dia.

Adapun persyaratan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan KUR terdiri atas e-KTP pemohon dan pasangan apabila sudah menikah, kartu keluarga, akta nikah apabila sudah menikah), dan Surat Keterangan Usaha / Nomor Induk Berusaha (SKU/NIB). Sedangkan untuk pinjaman di atas Rp 50 juta, diperlukan dokumen tambahan berupa NPWP.

Pinjaman KUR ini menawarkan bunga 3 persen efektif per tahun berlaku hingga dengan 31 Desember 2022, serta  bebas biaya administrasi maupun biaya provisi hingga 31 Desember 2022.

“Selain itu prosesnya pengajuannya pun dilakukan secara digital (paperless), bahkan, setiap debitur tidak perlu datang ke kantor cabang  Nobu Bank,” kata Steve.

Baca juga: Jokowi Minta Pelaku UMKM Sasar Pasar Ekspor dan Manfaatkan KUR

CEO Mbizmarket Rizal Paramarta menyebutkan, para pelaku usaha UMKM yang telah bergabung dan bertransaksi di Mbizmarket, akan mendapat kemudahan untuk mengakses pendanaan KUR dari Nobu Bank.

"Caranya mudah, UMKM yang memerlukan dana, cukup mengisi formulir elektronik (e-form) dan menyertakan kelengkapan data dan dokumen yang diperlukan,” kata dia.

Setelah itu, berdasarkan persetujuan pelaku usaha, manajemen akan memberikan data digital transaksi dagang pelaku usaha di Mbizmarket ke Nobu Bank. Dengan demikian, Nobu Bank dapat melakukan evaluasi dan proses persetujuan kredit sesuai ketentuan pemerintah dan bank yang berlaku terkait program KUR ini.  

“Kami berharap selanjutnya para pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang ini, dengan meningkat transaksi di Mbizmarket, dan menjadikannya sebagai alat pencatatan transaksi dagang digital yang dapat bermanfaat di kemudian hari,” ucap Rizal.

Baca juga: BRI Prediksi Penyaluran KUR ke 10,7 Juta UMKM Serap 32,1 Juta Lapangan Kerja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.