Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM yang Ingin "Go Global" Perlu Didampingi dan Diberi Edukasi

Kompas.com - 26/07/2022, 16:35 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berkembang hingga menembus pasar internasional (go global) perlu mendapatkan pendampingan dan edukasi, selain kemudahan kredit. 

Hal ini seiring pulihnya perekonomian nasional paska pandemi dan mulai menggeliatnya penyaluran kredit di sektor UMKM. 

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) merupakan bank yang berkomitmen memberikan asistensi maksimal kepada para pelaku UMKM untuk "go global".

Baca juga: Sandiaga: UMKM Bisa Tangkap Peluang Pembangunan IKN, Asal Tingkatkan 2 Hal Ini

Bank BJB punya program bjb Pesat (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu) untuk membina dan meningkatkan kompetensi UMKM agar terus tumbuh dan naik kelas. Kemudian, ada program Kredit Mesra untuk kredit UMKM dan KUR. 

"Program Pesat merupakan bagian dari komitmen Bank BJB dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional sehingga diharapkan UMKM binaan Bank BJB mampu berdaya saing, naik kelas, sampai akhirnya menjadi UMKM Juara," kata Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi melalui keterangannya, Selasa (26/7/2022). 

Bank BJB, lanjut Yuddy, juga secara konsisten mendukung para pelaku UMKM melalui digitalisasi, pemberdayaan dan pembiayaan.

"Selain adanya produk pembiayaan UMKM, kami juga menyediakan inovasi berbasis digital untuk memberikan edukasi tentang apa saja yang diperlukan untuk menembus pasar internasional, bagaimana mempromosikan usaha, cara membuat laporan keuangan serta pendampingan," ujar Yuddy.

Baca juga: Mulai dari Bangun Jejaring hingga Peluang Kolaborasi, Ini 5 Manfaat UMKM Gabung Komunitas Bisnis

Tercatat, hingga Juni 2022 portofolio penyaluran kredit UMKM Bank BJB telah mencapai Rp 835 miliar untuk produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Rp 8,2 miliar untuk produk Kredit Mesra.

Kredit Mesra merupakan produk pinjaman untuk usaha produktif tanpa agunan dan tanpa bunga. Program ini berkolaborasi dengan Pemprov Jabar yang diinisiasi langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Program ini juga masuk nominasi finalis Top Inovasi Pelayanan Publik 2022 yang diselenggarakan Kementerian PAN RB.

Baca juga: Ada OSS dan NIB Gratis, UMKM Bisa Mulus Dapat Fasilitas Kredit Perbankan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com