Jadi Kebangkitan Ekonomi Kreatif, Apa Untungnya jika Citayam Fashion Week Miliki HAKI?

Kompas.com - 27/07/2022, 11:35 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Fenomena Citayam Fashion Week merupakan salah satu wujud kebangkitan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pasalnya, Citayam Fashion Week turut memajukan UMKM yang berada di sekitarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, Citayam Fashion Week berdampak positif bagai perekonomian. Menurut dia, Citayam Fashion Week memberikan dampak nyata kepada berbagai sektor, seperti UMKM kuliner dan kreator konten.

“Secara umum ada dampak positif bagi perekonomian. Kami mencermati ada dampak pada subsektor lainnya, seperti UMKM kuliner, kreator konten atau kreator digital,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing awal pekan ini.

Baca juga: Citayam Fashion Week Jadi Rebutan, Ini Keuntungan Pemegang Hak Merek

Meskipun merupakan kebangkitan ekonomi kreatif, pada dasarnya Citayam Fashion Week tidak merupakan Hak Kekayaan Intetektual (HAKI) satu pihak.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Citayam Fashion Week adalah tempat berekspresi dan tidak butuh turut campur berbagai pihak terlalu jauh, termasuk dipatenkan melalui HAKI.

Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi, dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Jika diformalkan, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan,” ujar Ridwan dalam Instagram-nya.

Walau demikian, ada beberapa keuntungan jika Citayam Fashion Week memiliki hak paten melalui HAKI.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Razilu mengatakan, banyak keuntungan yang didapatkan pemegang merek yang telah didaftarkan di Kemenkumham.

"Keuntungan yang didapatkan pastinya banyaklah. Hak yang diberikan kepada pemegangnya untuk mengeksploitasi nilai ekonomi dari hak yang dia miliki," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Heboh Rebutan Hak Merek Citayam Fashion Week, Apa Itu HAKI?

"Dia boleh mengeksploitasi buat dirinya sendiri, dia bisa memberikan persetujuan kepada orang lain kemudian dia mendapatkan royalti atau dia melarang pihak lain (untuk mengeklaim merek CFW). Itu keuntungan yang paling utama," sambung Razilu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.