Nilai Ekspor Tembus 485 Juta dollar AS, Indonesia China Bahas Pembaruan Kerja Sama

Kompas.com - 27/07/2022, 13:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaporkan, hubungan perdagangan produk perikanan Indonesia dan China selama ini terjalin baik.

Hal tersebut tercermin dari neraca perdagangan produk perikanan Indonesia terhadap Tiongkok tahun 2018-2022 terus mengalami surplus.  

Tercatat, nilai ekspor produk perikanan Indonesia pada semester I 2022 mencapai 485 juta dollar AS. Sedangkan, nilai impor perikanan Indonesia mencapai 56 juta dollar AS.

Baca juga: KKP Boyong Produk Perikanan Indonesia sampai ke 138 Negara

Saat ini, Indonesia dan China tengah membahas lebih lanjut pembaruan kerja sama di bidang perikanan.

Teranyar, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Kementerian Sumber Daya Alam China menyepakati pembaharuan kerja sama di bidang kelautan.

Kerja sama ini untuk mendukung penguatan ekonomi Indonesia China dan menjaga keberlanjutan ekosistem laut sesuai prinsip ekonomi biru. 

Kerja sama bidang kelautan ini tertuang dalam dokumen Implementing Arrangement (IA) yang ditandatangani secara sirkuler pada Selasa (26/7/2022) oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono di Jakarta, dan Menteri Sumber Daya Alam China, Wang Guanghua di Beijing.

"Semoga kerja sama ini menjadi pendorong majunya sektor kelautan dan perikanan Indonesia, di mana kesejahteraan masyarakat meningkat dan ekologi terjaga dengan baik," ungkap Trenggono dalam siaran pers, dikutip Rabu (27/7/2022).

Baca juga: PNBP Sektor Perizinan dan Jasa Kelautan Perikanan Tembus Rp 67,6 Miliar

Ia menjelaskan, ruang lingkup kerja sama kelautan antara KKP dan Kementerian Sumber Daya Alam China meliputi kerja sama teknis bersama dalam topik yang relevan dengan sektor kelautan.

Kemudian, kerja sama juga membahas pengelolaan pesisir terpadu, mitigasi, dan adaptasi di pesisir dan pulau-pulau kecil. 

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.