Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar MyPertamina Online dan Manual Supaya Bisa Beli Pertalite dan Solar

Kompas.com - 27/07/2022, 19:07 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) saat ini tengah melakukan uji coba pendaftaran kendaraan roda empat melalui aplikasi MyPertamina di 50 kota/kabupaten di 27 provinsi. Hal ini agar penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi termasuk Solar dan Pertalite lebih tepat sasaran.

Pendaftaran MyPertamina bisa dilakukan secara online melalui situs MyPertamina. Namun jika Anda kesulitan mengakses website MyPertamina, Anda bisa mendaftar ke gerai-gerai yang ada di SPBU sekitar lokasi Anda.

"Nanti akan ada klinik (gerai) di SPBU-SPBU tertentu untuk mendaftar. Iya (nanti masyarakat yang enggak punya aplikasi) bisa dibantu di klinik SPBU yang ditetapkan," ujar Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite dan Solar

Setelah mendaftarkan kendaraan di MyPertamina melalui SPBU terdekat, Anda akan mendapatkan QR Code untuk digunakan dalam pembelian BBM bersubsidi termasuk Pertalite dan Solar.

Setelah mendapatkan QR Code dari petugas di gerai MyPertamina, Anda bisa langsung melaminating QR Code tersebut, dan kemudian menempelkannya pada kendaraan yang didaftarkan. Nantinya, ketika implementasi pembelian BBM bersubsidi mulai dijalankan, Anda hanya menunjukkan QR Code tersebut untuk membeli Pertalite dan Solar.

Irto mengatakan, pendaftaran kendaraan roda empat melalui aplikasi MyPertamina juga dilakukan untuk mendorong penyaluran Solar dan Pertalite tepat sasaran.

Hingga akhir pekan lalu, tercatat sudah 170.000 kendaraan yang terdaftar di aplikasi MyPertamina pada uji coba tahap pertama di 13 wilayah.

“(Uji coba pendaftaran kendaraan melalui Aplikasi MyPertamina) masih on progress, sudah diatas 170.000 kendaraan yang didaftarkan,” kata Irto.

Daftar MyPertamina secara online

Bagi Anda yang bisa melakukan pendaftaran secara mandiri melalui ponsel atau komputer, Anda bisa langsung masuk ke Aplikasi MyPertamina atau laman website, https://subsiditepat.mypertamina.id/ untuk memuli pendaftaran BBM bersubsidi seperti Pertalite dan Solar.

Lebih rincinya, simak uraian berikut ini:

1. Buka laman https://subsiditepat.mypertamina.id/ atau instal aplikasi MyPertamina pada ponsel Anda

2. Siapkan dokumen yang meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), foto kendaraan, dan dokumen pendukung lain.

3. Centang informasi yang menerangkan bahwa Anda memahami persyaratan.

4. Klik daftar sekarang dan ikuti instruksi.

Selanjutnya, Anda tinggal menunggu pencocokan data dengan maksimal 7 hari kerja. Nantinya status pendaftaran bisa dicek melalui website secara berkala. Apabila telah terkonfirmasi selanjutnya unduh kode QR dan simpan untuk melakukan transaksi di SPBU Pertamina.

Baca juga: Sudah 220.000 Kendaraan Mendaftar MyPertamina Jadi Penerima Pertalite dan Solar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com