Penerimaan Pajak RI Mencapai Rp 868,3 Triliun Pada Semester I 2022

Kompas.com - 27/07/2022, 21:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi penerimaan pajak mencapai Rp 868,3 triliun di semester I-2022. Realisasi itu setara dengan 58,5 persen dari target tahun ini yang sebesar Rp 1.485 triliun.

"Penerimaan pajak semester I-2022 mengalami kenaikan yang luar biasa kuat yaitu tumbuh 55,7 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers APBN KiTa, Rabu (27/6/2022).

Baca juga: Rasio Utang RI Lebih Rendah dari Negara Lain, Sri Mulyani: Indonesia Aman

Faktor pendorong penerimaan pajak

Menurutnya, ada sejumlah faktor yang membuat tren positif penerimaan pajak. Di antaranya, terdapat tren peningkatan harga komoditas migas dan non migas sehingga berdampak positif pada penerimaan negara.

Kemudian, kondisi perekonomian yang sudah mulai pulih dengan permintaan yang terus membaik baik domestik dan luar negeri, sehingga mendorong peningkatan penerimaan pajak.

Selain itu, dipengaruhi pula kondisi basis pajak yang membaik, bila dibandingkan dengan tahun 2021 yang rendah akibat pemberian insentif fiskal di masa pandemi.

"Serta dampak dari implementasi Undang Undang Harmonisasi Pertaturan Perpajakan (UU HPP), yang mana untuk Juni ini kami tutup Program Pengungkapan Sukarela (PPS)," kata dia.

Baca juga: Soal NIK Jadi NPWP, Kemenkeu: Permudah Warga Lapor dan Bayar Pajak

Rincian penerimaan pajak

Secara rinci, penerimaan pajak sepanjang Januari-Juni 2022 berasal dari penerimaan pajak penghasilan (PPh) nonmigas senilai Rp 519,6 triliun atau setara 69,4 persen dari target. Pertumbuhan ini utamanya didukung oleh perbaikan kinerja ekonomi.

"PPh nonmigas menunjukkan suatu pencapaian luar biasa karena dalam 6 bulan sudah di atas 50 persen atau 69,4 persen," imbuh Sri Mulyani.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.