Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Nur AgusSusanto
PNS

Komisi Yudisial

Adopsi Budaya Kerja Netflix pada Birokrasi

Kompas.com - 28/07/2022, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Lembaga Administrasi Negara (LAN) menyelenggarakan diskusi bertajuk Adopsi Budaya Kerja NETFLIX bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Selasa (26/7).

Diskusi ini merupakan bagian dari pelatihan kepemimpinan administrator yang diikuti 40 peserta dari beragam institusi kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

Netflix menarik dibahas karena seiring dengan perjalanan sejarah teknologi dunia.

Revolusi Industri 1.0 ditandai dengan penemuan mesin uap oleh James Watt pada Abad 17 di Inggris. Revolusi industri saat itu mengubah sistem ekonomi dan tata sosial yang sebelumnya bertumpu pada sektor pertanian dengan tenaga manusia dengan produktivitas rendah.

Kemudian terjadi revolusi industri 2.0 di awal abad ke-20 yang dikenal dengan revolusi teknologi.

Revolusi industri yang terjadi ini ditandai dengan penemuan tenaga listrik. Proses produksi yang sebelumnya menggunakan mesin uap lalu digantikan dengan tenaga listrik.

Kemudian, kemunculan revolusi industri 3.0 yang terjadi pada akhir abad ke-20 ditandai adanya teknologi digital serta internet.

Revolusi industri 3.0 ini dipicu adanya berbagai mesin yang dapat bergerak dan juga berpikir secara otomatis, yang dibuat dalam bentuk komputer dan juga robot. Selain itu, puncak revolusi industri 3.0 ditandai adanya revolusi digital.

Tahapan keempat, yaitu Revolusi Industri 4.0 di mana transformasi komprehensif melalui penggabungan antara teknologi digital serta internet dengan industri konvensional.

Industri 4.0 pada dasarnya berdampak pada tiga aspek, yakni Internet of Things (IoT), Artificial Intelegence (AI) dan manajemen big data.

Implementasi IoT antara lain: media sosial, e-commerce, aplikasi transportasi dan jasa-jasa lain, salah satunya adalah streaming video online.

Netflix merupakan jaringan televisi internet dunia yang fokus pada layanan pengaliran (streaming) media digital khususnya film dan program televisi, termasuk beberapa program yang dibuat oleh Netflix sendiri.

Yang menarik untuk dipelajari adalah kesuksesan Netflix untuk berkembang menjadi salah satu perusahaan terkemuka dunia, hingga saat ini layanan Netflix telah beroperasi lebih dari 190 negara, dengan lebih dari 140 juta pelanggan.

Kunci sukses Netflix

Salah satu faktor kesuksesan Netflix adalah beradaptasi pada perubahan. Pada awal berdiri, Netflix hanya perusahaan penjualan dan persewaan DVD.

Kemudian bertransformasi dengan menyediakan layanan streaming termasuk rumah produksi film dan program televisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com