Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan lewat Program UPL, 10.000 Petani Tak Perlu Bayar Uang Iuran

Kompas.com - 28/07/2022, 13:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 10.000 petani di seluruh Indonesia yang jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tak perlu membayar iuran. Hal ini lantaran UPL Indonesia menginisiasi program Peduli Petani dengan menargetkan melindungi 10.000 petani di Indonesia.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Mangga Dua Yudi Amrinal mengapresiasi kepada UPL Indonesia atas kepedulian dan partisipasinya pada program Peduli Bersama. Hal itu dia sampaikan dalam kegiatan bersama 1.000 petani di GOR Bung Karno, Nganjuk, Jawa Timur. Rabu (27/7/2022).

"Seluruh petani di Indonesia dimulai dari wilayah Jawa Timur ini nantinya akan mendapatkan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang iurannya akan ditanggung oleh UPL Indonesia," ungkapnya melalui siaran pers.

Baca juga: Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan JHT Online lewat HP

Yudi mengatakan melalui perlindungan kedua program tersebut, jika ada peserta yang mengalami kecelakaan kerja maka seluruh biaya pengobatan dan perawatan medis akan ditanggung oleh pihaknya sampai dinyatakan sembuh.

Apabila kecelakaan kerja itu mengakibatkan meninggal dunia, maka ahli warisnya akan mendapat santunan sebesar 48 kali upah yang dilaporkan. Jika meninggal dunia oleh sebab yang lain, ahli waris dari peserta akan mendapatkan santunan sebesar Rp 42 juta.

Yudi juga menyampaikan tentang pentingnya menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan. Dia berharap, apabila masa perlindungan dari UPL Indonesia ini berakhir, para peserta tersebut dapat melanjutkan kepesertaannya secara mandiri dan secara sadar ikut serta melindungi diri mereka sendiri sebagai seorang petani.

Sementara itu, Direktur PT UPL Indonesia Devendra Gangwar mengatakan program Peduli Petani menargetkan solusi berkesinambungan dan perlindungan sosial bagi profesi petani.

Baca juga: Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan secara Online dan Offline

Kesempatan tersebut, UPL Indonesia telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan sosial kepada para petani di Indonesia, dimulai dari kegiatan di wilayah Nganjuk dengan peserta komunitas petani se-Jawa Timur.

Tujuan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan agar petani saat menjalankan pekerjaanya merasa aman dan terhindar dari risiko Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan menciptakan kondisi pertanian yang berkelanjutan untuk mendukung ketahanan pangan.

"Setelah kita diskusikan di internal, ternyata kita melihat program ini sangat bagus sekali, selain karena sejalan dengan prinsip PT UPL Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan juga sustainability, juga karena tujuannya baik dimana para petani yang memiliki risiko sosial yang sama dengan kita ini perlu diberikan perlindungan Jaminan Sosial sehingga seluruh petani terlindungi dan setiap orang yang memiliki keinginan untuk bertani paham bahwa profesinya termasuk dalam profesi yang dilindungi negara dengan adanya Jaminan Sosial," jelasnya.

Baca juga: Perhitungan Iuran BPJS Ketenagakerjaan yang Dibayar Perusahaan dan Pekerja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.