Kepala Otorita Gambarkan IKN, Kota Cerdas yang Ada Tol Bawah Laut hingga Disney Park

Kompas.com - 28/07/2022, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono menggambarkan IKN yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, akan menjadi kota cerdas atau smart city nantinya.

Smart city IKN Nusantara nantinya akan dilengkapi berbagai fasilitas yang membuat penduduknya betah. 

Baca juga: Krakatau Steel-Posco Siapkan Rp 52,5 Triliun untuk Baja Mobil Listrik dan IKN

Tol bawah laut

Di sana, rencananya akan dibangun tol bawah laut. Alasan dibangunnya tol bawah laut, menurut Bambang, untuk melindungi satwa yang dilindungi di sana, seperti bekantan dan lumba-lumba.

"Nanti ada beberapa tempat ada satu tempat di mana kita akan membangun ruas jalan tol yang harus masuk ke bawah laut. Kenapa? karena memang kita ingin memproteksi daerah tersebut dari fauna yang unik. Jadi ada monyet yang di Dufan ya monyet itu adalah bekantan, salah satu hewan yang dilindungi. Di sana juga ada lumba-lumba air tawar," katanya secara virtual dalam kegiatan Tanoto Scholar Gathering, Kamis (28/7/2022).

Bambang bilang, pembangunan tol bawah laut ini akan dikerjasamakan dengan pihak swasta serta masyarakat.

Baca juga: Progres Terbaru Proyek Tol Bawah Laut IKN

Ada fasilitas pendidikan ternama

Kemudian di IKN juga bakal dibangun fasilitas pendidikan ternama. Jakarta International School dan Taruna Nusantara telah menyatakan kesiapannya untuk berdiri di IKN.

"Kalau orang mau pindah kerja itu paling ada 4 hal yang pasti dia pikirin. Kalau bawa keluarga, dia pasti ingin fasilitas pendidikan buat keluarganya seperti apa sih. Kita ingin menarik universitas-universitas paling bagus dan juga internasional connected untuk bersama ada di IKN. Kalau di level bawahnya, kami sedang menjajaki Jakarta International School. Mereka katanya sesegera mungkin ingin membangun kampus di sana, Taruna Nusantara juga sama. Saya enggak bisa sebutin yang lain, karena mereka berlomba-lomba ingin membangun di sana," katanya lagi.

Baca juga: Bappenas Kaji Kereta Gantung Jadi Angkutan Perkotaan IKN Nusantara

Fasilitas kesehatan

Kemudian fasilitas kedua kesehatan. Menurutnya, kesehatan itu paling penting. Di IKN, kata Bambang, bakal ada rumah sakit dan penerapan pelayanan kesehatan melalui digital (telehealth).

"Layanan kesehatannya seperti apa? tentu kita ingin kekinian dengan adanya layanan teledigital. Telehealth itu pasti ada. Saya sudah berbicara dengan 17 provider telehealth, mereka menyatakan antusiasme ingin beroperasi sesegera mungkin di IKN. Tidak hanya, nanti ada fasilitas rumah sakit yang harus ditangani secara medis," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.