Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Fed Naikkan Suku Bunga, Nilai Tukar Rupiah Menguat

Kompas.com - 28/07/2022, 17:20 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot bergerak menguat hingga sesi perdagangan sore hari ini, Kamis (28/7/2022). Terpantau nilai tukar rupiah menjauhi level Rp 15.000 per dollar AS pada hari ini.

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 16.00 WIB nilai tukar rupiah berada di level Rp 14.921,5 per dollar AS, atau menguat 88,5 poin (0,59 persen) dari level penutupan kemarin.

Sementara itu, mengacu kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah berada pada level Rp 14.958 per dollar AS pada Kamis, menguat dibanding posisi Rabu (27/7/2022) sebesar Rp 15.020 per dollar AS.

Baca juga: The Fed Kembali Naikkan Suku Bunga, Bagaimana dengan Indonesia?

Penguatan rupiah tidak terlepas dari rencana bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), yang akan menurunkan intensitas kenaikkan suku bunga acuan ke depan. Ini dilakukan The Fed untuk mencegah perekonomian AS masuk jurang resesi.

"The Fed memberikan indikasi bahwa kenaikan suku bunga berikutnya mungkin tidak akan sebesar sekarang. Pasar mengartikannya besaran kenaikan mungkin ‘hanya’ 50 bps, bukan 75 bps pada rapat berikutnya," tutur Analis pasar uang, Ariston Tjendra, kepada Kompas.com, Kamis.

Baca juga: The Fed Naikkan Suku Bunga, Rupiah Masih Perkasa

Dengan adanya kepastian penurunan intensitas kebijakan monter itu, indeks dollar AS pun melemah di pasar spot, sehingga pada hari ini nilai tukar rupiah terhadap mata uang Paman Sam mampu bergerak di zona hijau.

"Dollar AS pun melemah terhadap nilai tukar lainnya pasca event the Fed tersebut," ujar Ariston.

Lebih lanjut Ariston bilang, ke depan pasar masih akan menunggu data inflasi teranyar AS. Data ini akan menjadi penentu arah kebijakan moneter The Fed nantinya.

Baca juga: Suku Bunga The Fed Naik, IHSG Justru Dibuka Menguat ke Level 6.900

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com